• Breaking News

    Loading...

    Friday, November 9, 2012

    Penyebab Selulit

    penyebab selulit

    Kita tahu bahwa setiap masalah pasti ada sebabnya karena Alloh Subhanahu wata'ala menciptakan sesuatu itu berdasarkan sebab akibat. seperti halnya selulit. Ada beberapa macam penyebab selulit di antaranya :



    1. Faktor hormon seperti esterogen yang merupakan salah satu penyebab timbulnya selulit. Terbentuk ketika terjadi perubahan hormon pada wanita dalam masa pubertas, hamil, dan meopause. Hal-hal lain yang menyebabkan perubahan hormon seperti mengkonsumsi pil kb juga dapat menyebabkan selulit.

    2. Faktor fisik . Terjadi ketika adanya perunbahan pada lapisan lemak dibawah kulit. Olah raga dan diet sehat tidak selalu berhasil menghilangkan selulit, hidup tidak sehat dan kurang nutrisi dapat memperburuk kondisi selulit.

    3. Keseringan duduk. Keseringan duduk juga dapat memunculkan selulit ditambah bila dalam posisi yang kurang benar pada saat duduk badan agak membungkuk, kurang bergerak hingga sendi – sendi dari tulang tubuh menjadi kaku. Seperti terlalu lama duduk didepan komputer.

    4. Sering berjalan kaki. Jalan kaki memang menyehatkan selain membuka rongga – rongga dari seluruh jaringan tubuh hingga sirkulasi darah lancar dan memompa jantung lebih baik lagi sehingga oksigen lancar mengalir keseluruh jaringan tubuh, yang salah adalah ketika duduk setelah berjalan kaki harus dipanjangkan ( direntakan lurus ) agar urat – urat pada seluruh bagian kaki tidak menekuk dan urat – urat kaki tidak menengang.

    selain itu makanan juga bisa menyebabkan timbulnya selulit. Berikut ini diterangkan beberapa macam makanan penyebab selulit, diantaranya :

    1. Makanan manis

    Makanan yang sangat kaya dengan campuran bahan utama yaitu gula mampu memberikan dampak negaif terjadinya selulit pada bagian tubuh anda. Makanan yang sarat akan gula ( Manis ) dapat menyebabkan metabolisme dan sistem organisme dalam tubuh menjadi terhambat sehingga memungkinan terjadinya kerusakan permanen pada tingkat sel yang terdapat pada jaringan tubuh. Untuk itu banyak disarankan agar mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan manis, terutanma pada seseorang yang menderita diabetes, yang sedang menjalani program diet dsb. Makanan manis bayak terdpat pada kue – kue, coklat, makanan dengan karbonhidrat yang tinggi. Walaupun ada fakta yang mengatakan bahwa makanan dapat menjadi sumber energi baik bagi tubuh asalkan sesuai aturan dan takaran setiap harinya.

    2. Makanan Asin

    Makanan asin juga mempunyai peranan penting yang mengakibatkan selulit itu terjadi. Makanan asin selain mampu meningkatkan tekanan darah ( cenderung membawa dampak negatif pada emosional ). Caranya dengan membatasi penggunaan atau konsumsi makanan asin, semisal memasak dengan menggunakan garam beryodium, mengurangi konsumsi makanan seperti telur asin dan menyeimbangkan dengan minum air putih setiap harinya. Jika cairan air dalam tubuh lebh besar diisi makanan asin maka tubuh akan mempertahankan cairan tersebut, dan resistensi cairan yang terdpat pada garam akan semakin memperburuk meunculnya selulit.

    3. Lemak Jenuh

    Lemak jenuh merupakan faktor utama yang mempunyai peranan besar dalam menciptakan selulit sperti pada daging merah, coklat, sosis, mentega, krim, keju dsb. Maka lemak yang berasal dari makanan tersebut akan tersimpan tepat dibawah kulit dan akan memuncak lebih dahulu untuk Tubuh hanya mampu memecah lemak yang terdapat pada sayur dan buah.

    4. Makanan Junk

    Makanan Junk merupakan gabungan dari semua makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Makanan Junk tersebut merupakan penguat nyata timbulnya selulit, karena makanan junk memilik sistem orgaisme dalam tubuh. Secara bertahap sistem penceranaan tubuh tidak bisa langsung memecah makanan tersebut akan menimbun pada lapisan bawah kulit. Cara sederhana dengan mengurangi sedikit asupan makanan terutama yang banyak mengadung lemak dan di imbangi dengan makanan sehat penuh serat.

    5. Alkohol

    Alkohol memiliki senyawa berbahaya bagi tubuh karena memiliki tingkat kalori dan racun yang cukup tinggi. Bahkan dapat merusak jaringan sel – sel otak, sel – sel kulit, menguras vitamin C, kalsium yang mampu menghalangi lemak berlebih dalam tubuh. Alkohol merupakan salah satu keuntungan besar bagi selulit.
    Nah setelah mengetahui penyebab selulit kita lihat lagi bagaimana cara mengatasinya pada pembahasan selanjutnya ok..

    No comments:

    Post a Comment

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *