• Breaking News

    Loading...

    Thursday, December 27, 2012

    Tips sederhana agar bisa tidur nyenyak dan berkualitas

     Tidur nyenyak adalah ciri tidur yang sehat, dimana anggota badan baik di dalam tubuh atau di luar tubuh dapat beristirahat. tidur nyenyak sangat penting bagi kesehatan tubuh jadi berusahalah agar anda bisa tidur dengan nyenyak, pada artikel sebelumnya sudah di bahas tentang gangguan tidur atau sleep apnea yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. jika kita mengalami gangguan atau susah tidur tentu akan menyebabkan kita kurang tidur. kurang tidur telah terbukti memperburuk kinerja yang melibatkan memori, pembelajaran, dan logika. Ini menyebabkan pekerja membuat kesalahan di tempat kerja atau relasi di rumah jadi berantakan. Kurang tidur juga membuat peningkatan risiko penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, kenaikan berat badan, kegemukan, penyakit jantung, dan depresi.

     Bagi anda yang mengalami susah tidur ada sejumlah tips sederhana untuk mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas lebih lama sebagai berikut:

    1. Hindari menonton telivisi di kamar tidur
    Ranjang harusnya dipakai untuk dua hal: tidur dan bercinta, bukannya untuk menonton televisi. Penelitian sudah membuktikan bahwa orang yang sering mengalami gangguan tidur memiliki televisi di kamar.

    2. Coba bantal atau kasur baru
    Apakah kasur itu mendukung tubuh dengan benar, sehingga Anda tidak merasa nyeri punggung ketika bangun? Jika tidak, ganti bantal sehingga terasa lebih segar dan baru.

    3. Hindari kafein di sore dan malam hari
    Ketahuilah bahwa kafein 10 hingga 12 jam sebelum tidur dapat menyebabkan kesulitan tidur. Coba hindari teh, soda, cokelat supaya tidur lebih nyenyak.

    4. Dengarkan musik relaksasi
    Membiasakan diri mendengarkan musik rileks dapat menjadikan sinyal pada tubuh untuk bersiap tidur. Redupkan lampu dan putar musik jazz atau CD rileksasi untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

    5. Coba teknik mind and body
    Coba tenangkan pikiran dan tubuh dengan membuat ritual seperti mandi, meditasi, dan melakukan pose yoga untuk rileksasi dan menenangkan. Pengulangan ritual itu akan memicu pikiran dan tubuh bahwa itulah saatnya untuk rileks dan tidur.

    6. Coba obat tidur alami
    Anda bisa mencoba teh bunga chamomile sebelum tidur atau menghirup wangi minyak esensial lavender untuk menenangkan pikiran, sehingga lebih mudah jatuh tertidur.
    Itulah beberapa tips sederhana agar bisa tidur nyenyak dan berkualitas, semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencba..

    2 comments:

    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Duh maaf sob komennya malah terhapus, salah pencet.. thanks atas kunjungannya

        Delete

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *