Cerpen menarik penuh hikmah

Posted By Tatik Uc on Thursday, January 10, 2013 | 1:37 AM



KRITIK SEORANG ANAK
 
Salah sorang anak presiden amerika, Theodore Roosevelt menerangkan sifat ayahnya sebagai berikut. " Ayahku selalu berambisi menjadi pusat perhatian masyarakat, apabila menghadiri pesta perkawinan, ia ingin menjadi pengantinnya, dan jika menghadiri pemakaman jenazah ia ingin menjadi jenazahnya".




DUA MACAM PENCURI 

Seorang ulama besar melewati kerumunan orang yang sedang berdiri, dia bertanya, " apa maksud kerumunan orang orang ini?", mereka menjawab, " sultan sedang melaksanakan hukuman potong tangan terhadap seorang pencuri." kemudian sang ulama berkata lagi dengan suara lantang: La illa ha illalloh, pencuri terang terangan memotong tangan pencuri yang sembunyi sembunyi".



PENGALAMAN

Seorang yang terkenal arif bijaksana mengatakan, " Aku mencari kesenangan bagi diriku, tetapi tidak ku temukan kecuali dengan meninggalkan segala urusan yang tidak ada sangkut pautnya dengan diriku, aku menyepi seorang diri disemak belantara, tenyata tidak ada yang melebihi kesepian bila berkumpul dengan kawan yang buruk, aku telah mencoba segala rasa yang enak seluruhnya, tetapi tidak ku dapatkan sesuatu yang melebihi enaknya sehat afiat.
aku telah mencoba segala rasa pahit, tetapi tidak ku dapatkan sesuatupun yang melebihi pahitnya perasaan pada saat kebutuhanku kepada orang lain.
aku telah mengangkat batu batu yang besar dan besi yang berat tetapi tidak ku dapati sesuatu yang melebihi beratnya berhutang.
aku melihat kepada segala yang dapat merendahkan derajat kemampuan dan yang dapat melumpuhkan kekuatan, ternyata tidak ada yang melebihi kemelaratan". ( sumber:hikmah dalam humor,kisah dan pepatah : Aziz Salim Basyarahil). bersambung


Blog, Updated at: 1:37 AM

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

Blog Archive