• Breaking News

    Loading...

    Wednesday, April 17, 2013

    Minuman jenis ini Tidak boleh diseduh dengan Air Panas

    minuman jenis ini tidak boleh diseduh dengan air panas
    Dapat informasi dari teman difacebook katanya ada jenis jenis minuman yang tidak boleh diseduh dengan air panas, karena akan berdampak pada kandungan gizi dalam minuman tersebut, sebenarnya dulu sudah pernah diperingatkan oleh suster saat membuat susu sikecil harus pake air biasa, setelah itu direndam botol susunya pake air hangat, tapi pas denger berita diTV tentang adanya susu yang mengandung bahan tertentu yang bisa menyebabkan kelumpuhan diwaktu yang lalu jadi saya pake air panas kalau bikin susu sikecil, kebetulan ada temen yang menshare ini dan saya share lagi disini siapa tau bermanfaat.
     
    Menurut spesialis gizi klinik, dokter Samuel Oetoro, ada beberapa minuman yang sebaiknya tidak menggunakan air panas untuk menyeduhnya karena air panas tersebut bisa merusak zat gizi yang terkandung dalam minuman tersebut, adapun jenis minumannya seperti dibawah ini:

    • Teh hijau. Minuman ini mengandung epigallotechin gallate sebagai antioksidan poten yang jika diseduh dengan air panas akan menjadi rusak, Sebaiknya diseduh dengan air yang mempunyai suhu tidak lebih dari Tujuh puluh derajat Celcius, "kata Samuel.  untuk mendapat manfaat  antioksidan yang optimal dari teh hijau ini  untuk satu gelas memerlukan tiga gram teh. Sedangkan untuk teh celup, sebaiknya jangan mencelupkannya lebih dari tiga kali untuk menghindari kontaminasi kantong. Selain menjaga agar kandungan antioksidannya tidak rusak jangan menyimpan teh hijau lebih dari enam bulan, Untuk mendapatkan  manfaat yang optimal konsumsilah teh hijau tiga sampai lima gelas sehari," ujar Samuel.
    • Jeruk. Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. sebaiknya jangan diseduh dengan air panas karena sifat vitamin C yang tidak tahan panas,
    • Susu. Susu memiliki kandungan protein tertentu yang dapat rusak jika diseduh dengan air panas. Protein tertentu dalam susu akan mengalami denaturasi dalam suhu lebih dari 80 derajat Celcius,  cukup di seduh dengan air hangat, 
     Itulah jenis minuman yang tidak boleh diseduh dengan air panas semoga bermanfaat.

    11 comments:

    1. Jadi sifatnya denaturasi protein semua ya mbak itu, misalnya kayak telor yg kalo dipanaskan maka akan denaturasi. Nice info mbak ummu

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau telor saya tidak tau sob, thanks ya dah berkunjung..

        Delete
      2. mbak ummu blog saya yg icoez.com , mbak ummu nyasar di blog satunya yg inggris :D

        Delete
    2. Jadi tambah ilmu nih,bener baru tahu.

      ReplyDelete
    3. nah saya salah kan..
      seringnya susu pake air panas. kalo nggak baca blog ini, saya bakalan nggak tau terus.makasih sharingnya ya Mbak. siip banget.

      ReplyDelete
      Replies
      1. siip juga comennya, makasih dah singgah..

        Delete
    4. waduh.. saya sering sedu teh hijau sama susu pake air hangat.. hmm.. salah ya ternyata..

      ReplyDelete

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *