• Breaking News

    Loading...

    Thursday, April 25, 2013

    Si Miskin Panen Pahala

    SiMiskin Panen pahala
    Sebenarnya mau melanjutkan artikel sebelumnya Cetak Anak Cerdas dengan Stimulasi dini tapi dapat bahan renungan dari pada nanti lupa mendingan ditulis aja, kita simak yuk.. 
    Tidak selamanya orang miskin itu kalah dalam mendapatkan pahala shodaqoh dengan orang kaya, bahkan bisa jadi Si Miskin Panen Pahala shodaqoh melimpah ruah, sedangkan si kaya malah miskin pahala, kenapa demikian? karena perbedaan selisih ilmunya, jika simiskin banyak ilmunya, maka ia akan banyak kesempatan  untuk beramaliyah yang berpahala shodaqoh, sedang yang kaya tapi miskin ilmu mungkin tahunya shodaqoh itu hanya dengan harta saja. memangnya ada amalan amalan shodaqoh yang berpahala tanpa dengan harta? tentu banyak misalnya
    • memberi senyuman kepada sesama kaum muslimin,
    • memberikan makanan untuk hewan hewan peliharaan, 
    • menyingkirkan duri yang ada dijalan,
    • melaksanakan sholat dhuha diwaktu dhuha, 
    • melafadkan kalimat kalimat zikir,
    • mempersilahkan orang lain untuk mengambil air disumur kita,
    • bahkan buah buahan dan biji bijian yang ditanam lalu diambil oleh hewan atau dicuri orang pun  jika ia ikhlas maka orang tersebut akan mendapatkan pahala shodaqoh,
    • demikian pula saat ia mensholatkan jenazah kaum muslimin dan mengantarkan  kekuburannya dan masih banyak amalan shodaqoh lainnya yang bisa dilakukan oleh orang orang miskin .
    Jadi orang orang miskin yang berilmu tak perlu minder dan mengeluh dengan kemiskinanya karena Alloh subahanahu wata'ala itu memandang semua makhluk itu sama yang berbeda adalah ketaqwaannya. Tapi bagi siMiskin yang tak berilmu segeralah belajar,  dan  ilmu yang paling penting adalah Ilmu agama yang akan menjaga kita dan membuat kita bahagia didunia maupun diakherat, sedangkan ilmu yang lain seperlunya saja..dan perlu diketahui menuntut Ilmu Agama adalah hukumnya wajib walaupun sudah tua.
    Demikian Renungan " Si Miskin panen pahala" semoga bermanfaat.

    29 comments:

    1. sebagai orang miskin di dunia, kita harus bangkit sob, jangan sampai kita juga miskin di ahirat,

      biar kita miskin di dunia, yang penting kita kaya di ahirat. jadi kita harus semangat.. walaupun tanpa nikmat dunia.

      ReplyDelete
    2. betul sob, tetap semangat..trims kunjungannya..

      ReplyDelete
    3. sebenarnya begitu banyak jalan untuk berbuat kebajikan ya, salah satu bentuk Maha Adil nya Allah...jika sedekah harus dengan harta, tentu orang miskin takkan bisa banyak dapat pahala...terima kasih telah mengingatkan, salam kenal

      ReplyDelete
    4. yang pertama-tama masuk syurga adalah golongan orang miskin yang rajin dalam sedekah dan sholatnya.... makasih mbak semangat sedekahnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama sama, makasih juga kunjungannya..

        Delete
    5. wah keren sekali mbak artikelnya..
      memang benar, sebenarnya siapapun bisa bersedekah. tak harus orang kaya saja.
      ini mengajarkan kita untuk saling bantu sesama :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. betul sob terimakasih dah nambahin..trims juga kunjungannya..

        Delete
    6. ini nih yang bikin adem nyess...
      semua harus berilmu ya mbak, tepatnya demikian.
      kalau amal tidak ada dasarnya ilmu nanti tidak tau benar salahnya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Adem kaya es..betul banget sob Berilmu dulu baru beramal..terimakasih kunjungannya

        Delete
    7. wah bener sekali mbak, saya sampe sempet mbatin kalo orang2 yang di tayangkan oleh salah satu tivinya bang singkong itu sangat dekat sekali dengan Tuhan. Memang sih si miskin di larang kaya, tapi si miskin sangat dekat dengan surga

      ReplyDelete
    8. saya belum pernah lihat tvnya bang singkong acara apa ya?..
      , bukan di larang kaya mungkin maksudnya setiap orang kan nasibnya berbeda beda ada yg miskin dan ada yg kaya, semua itu sudah diatur Yang Maha Kuasa,akan tetapi banyak terkadang orang miskin itu mengeluh dan minder sama orang kaya padahal tidak semua orang miskin itu hina bahkan banyak orang miskin yg lebih mulia dari pada orang kaya...

      ReplyDelete
    9. berbicara yg sopan dan baik, juga memberi suport utk meningkatkan gairah dan semangat juga sedekah. Sedekah tdk mesti harus memberi materi atau sesuatu benda, tapi tutur kata yg baik dan lebutpun merupakan sedekah

      ReplyDelete
      Replies
      1. sejuk...Terimakasih sudah nambahin sob..

        Delete
    10. Trnyata banyak pahala yg belum saya peroleh. Masih butuh ilmu rohani yang kuat....

      ReplyDelete
      Replies
      1. smoga diberi semangat mencari ilmu ya sob..thanks kunjungannya

        Delete
    11. Ya Allah, semoga kita ikhlas menjalankan shadaqah-shadaqah yang disebutkan di atas. ringan banget sebenarnya, tapi nggak setiap orang bisa melakukannya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. amien.. terlalu ringan sehingga banyak orang yg meremehkannya padahal pahalanya besar kalau bener2 ikhlas karena Alloh..

        Delete
    12. jadi miskin itu bukan sesuatu yang diharamkan dalam Islam, karena yang dinilai adalah kualitas ibadah kita kepada ALLAH SWT :-)

      ReplyDelete
      Replies
      1. tentu tidak, karena miskin kan juga sudah menjadi ketentuan Alloh, tapi semua pasti ada hikmahnya..bahkan Rhosululloh Shollallohu alaihi wassalam tidak takut jika umatnya ditimpa kemiskinan tapi beiau malah takut jika umatnya menjadi kaya dan cinta dunia sehingga berlomba lomba mencari kesenangan dunia dan lupa akheratnya..

        Delete
    13. senyum kepada sesama muslim adalah sedekah ya Ummu...Subhanalloh, mgkin ini salah satu sebab Imam Ali ibn Abi thalib men-talaq dunia ya Ummu...

      ReplyDelete
    14. saya malah lum tau apa maksud "men-talaq dunia" apa ya sob...? ma'lum masih belajar...taunya talaq itu hanya untuk suami mencerai isteri..btw trims kunjungannya

      ReplyDelete
    15. yap betul. banyak jalan untuk melakuka kebaikan...


      salam kenal yaa. izin follow blog ini

      ReplyDelete
    16. subhanallah... betapa mudahnya mencari pahala.. :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. mudah bagi mereka yg mendapat hidayah Alloh, smoga kita juga termasuk ya mbak...trims dah mampir

        Delete
    17. mudah ya mencari pahala tapi terkadang sulit untuk dipraktekan..

      ReplyDelete

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *