Minggu minggu terakhir persalinan dan persiapan Melahirkan Bayi

Posted By Tatik Uc on Sunday, May 19, 2013 | 9:13 PM

minggu minggu terakir persalinan dan persiapan melahirkan bayi
Kali ini Lovely Blog berbagi cerita tentang Minggu minggu terakhir persalinan dan persiapan melahirkan Bayi, setelah dua hari posting tentang resep Sari Kaya dan Nasi goreng maut. 
Masa masa melahirkan adalah masa masa yang paling mendebarkan dan tentunya juga sangat dinanti nanti oleh pasangan suami isteri apalagi jika hal ini adalah yang pertama kali atau anak pertama.
Berikut adalah minggu minggu terakhir saat menjelang persalinan:
Dimulai pada usia kehamilan 37 minggu
Pada usia ini bayi sudah dikatakan aterm atau cukup bulan, apabila lahir dia sudah siap karena seluruh fungsi organ tubuhnya suda bisa matang untuk bekerja sendiri. dengan berat kurang lebih 2.800 gram, panjang kurang lebi 47 cm, dan memiliki rambut kepala yang tumbuh dengan baik, kulit licin dengan bulu bulu halus dan alat kelamin yang telah matang dan tulang tulangnya telah berkembang baik. kepala bayi biasanya telah masuk kejalan lahir, meski sebagian kecil diantaranya dengan posisi sungsang.
Usia 38 minggu
Diusia ini panjang janin lebih dari 47 cm dan memiliki berat badan kurang lebih 2.850 gram atau lebih dan peningkatan berat badan ini disebabkan oleh bertambahnya lemak yang tersimpan dibawah kulit. tubuh menjadi montok dan keriput dimukanya telah hilang tulang kepala suda kian kukuh dan saling merapat kecuali dibagian ubun ubunnya, pada saat ini sang ibu biasanya mengalami perasaan yang amat cemas menanti kelahiran seingga akan menimbulkan gangguan emosional. diwaktu seperti saat ini  sang ibu perlu memperbanyak porsi relaksasi.
Usia 39 minggu
Biasanya dokter atau bidan telah siaga jika sewaktu waktu kehamilan ini sampai lewat waktu, karena jika telah lewat waktu maka plasenta sudah tidak mampu lagi mencukupi kebutuhan sang bayi, saitu mensuplai makanan dari ibu kejanin. penyebabnya iala penurunan fungsi plasenta itu sendiri, sedangkan kapan persisnya penurunan fungsi ini tidak dapat diprediksi tetapi bisa dilihat dengan USG maupun uji kesejahteraan janin ole dokter
Usia 40 minggu
Dengan berat kurang lebih 3000 gram dan panjang kurang lebih 50-55 cm, bayi telah benar benar siap dilahirkan kedunia , tubuhnya licin dan verniks caccosa relatif banyak.
sejak usia kehamilan 36-37 minggu ibu telah merasakan desakan bagian terendah janin karena penurunan kepala yang sudah masuk kepintu atas panggul atau ligt-ening perut ibu terasa berkontraksi, tegang pada dinding perut dan mengalami kesulitan dalam berjalan, selain itu ibu akan mengalami miksi atau sering buang air kecil . pada hamil tua kontraksi ini akan semakin sering , namun rasa nyeri ringan hanya dibagian bawah saja dan datangnya tidak teratur, durasinya pendek dan tidak bertambah sakit bila beraktivitas, jika dalam pemeriksaan dalam tidak ditemukan pembukaan jalan lahir ataupun tanda persalinan yang lain ( lendir dan darah) . semua gejala diaatas sering disebut dengan his ( permulaan kontraksi palsu ) , tanda persalinan sudah dekat. Namun apabila diakir kehamilan ibu mengalami tanda tanda seperti berikut:
  1. Perut terasa berkontraksi, nyeri pinggang yg menjalar kedepan bersifat teratur, semakin kuat dan jika beraktivitas rasa nyeri semakin bertambah.
  2. bila dilakukan pemeriksaan dalam terdapat pembukaan jalan lair , keluar lendir atau darah, pada berapa kasus terjadi pecahnya ketuban yang menimbulkan pengeluaran cairan dari dalam meski sebagian besar ketuban peca menjelang pembukaan lengkap.
Berati ibu telah memasuki " masa persalinan " , jika ibu masih dirumah tidak perlu cemas ataupun tergesa gesa, persiapkan diri ibu dan beri tau suami/keluarga apa yang ibu rasakan saat itu.
Persalinan
Ada beberapa tahapan persalinan sebagai berikut:
  1. Tahap pertama, terdiri atas tiga fase, dimulai dengan fase awal atau laten yang ditandai dengan kontraksi ang terjadi berjarak antara 15-20 menit, dengan pembukaan jalan lahir 0-3 cm, dilanjutkan fase aktif yang kontraksinya berjarak antara 3-5 menit dan pembukaan antara 4-8 cm,suatu fase yang disebut transisi terjadi dengan pelebaran 8-10 cm, pada akir tahap ini penipisan serviks antara 0%-100%.
  2. Tahap kedua, dimulai ketika serviks telah sepenuhnya membuka (10 cm) dan dirasakan oleh ibu adanya dorongan untuk mengejan, tahap ini diakhiri dengan kelahiran bayi,
  3. Tahap ketiga, yaitu setelah bayi lair sampai  terlahirnya placenta / ari ari, biasanya terjadi antara 3-5 menit setela kelahiran bayi. oxitosin biasanya digunakan untuk membantu proses pengeluaran placenta pada tahap ini. ( sumber: Al-Mawaddah )
Itulah Minggu minggu terakhir persalinan dan persiapan melahirkan bayi, InsyaAlloh bersambung ke artikel selanjutnya yaitu peranan suami disaat persalinan. semoga bermanfaat.
Blog, Updated at: 9:13 PM

16 komentar:

  1. ini khusus ibu2 ya ? kalau gitu yang mau melahirkan saya doakan semoga persalinan lancar, ibu sehat anak sehat dan tidak ada halangan apapun. suami juga mendampingi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien... khusus wanita baik yg sudah jadi ibu ataupun yg baru calon ibu..terserah saja deh bapak bapak juga bisa agar bisa lebih tau tentang kondisi isterinya saat hamil..supaya lebih perhatian...

      Delete
    2. Amin yarobbal alamin,,,,,smga persalinan cepat dg normal dan selamat bayi jga ibunya....

      Delete
    3. Amin yarobbal alamin,,,,,smga persalinan cepat dg normal dan selamat bayi jga ibunya....

      Delete
    4. Amin yarobbal alamin,,,,,smga persalinan cepat dg normal dan selamat bayi jga ibunya....

      Delete
  2. semoga semuanya lancar dan aman sobat, sehingga anaknya nanti bisa lehir normal !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. anaknya sudah lahir sob ..malah sudah 2 tahun he3...

      Delete
  3. Replies
    1. ini hanya pembahasan secara umum aja sob.. tapi mirip juga sama pengalaman pribadi...

      Delete
  4. Sekarang aku hamil yg ke2 memasuki mnggu ke 38,minta doanya smoga lancar proses lahirannya amien...

    ReplyDelete
  5. Mudah2an proses caesar sy akhir bln ini berjln lancar, tdk ada halangan apapun, babynya sehat, sempurna tanpa ada kekurangan apapun dan sy pun juga sehat. Amin...Amin....YRA

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

Blog Archive