Salah satu Cara Paling mudah agar Anak sehat dan Cerdas

Posted By Tatik Uc on Wednesday, May 22, 2013 | 7:40 PM

Cara paling Mudah agar anak sehat dan cerdas
Setelah mengetahui persiapan melahirkan bayi Anda dan bagaimana peran suami disaat proses persalinan, setiap orang tua pasti menginginkan agar anaknya bisa tumbuh sehat dan cerdas, salah satu cara paling mudah agar anak sehat dan cerdas adalah dengan memberikan ASI  seperti dalam QS. Al-Baqoroh (2):233 ) yang berbunyi " Dan hendaknya para ibu menyusui anak anak mereka hingga genap dua tahun...".
Ternyata setelah diteliti, Asi mempunyai manfaat yang sangat luar biasa bagi proses tumbuh kembang anak. menurut center to prevent childhood Malnu-trition, Maryland USA, apabila dilakukan pemberian ASI dengan benar, dapat mencegah kematian 1,3 juta bayi setiap tahun.

Berikut adalah berbagai manfaat Asi dan permasalahan seputar menyusui serta penanggulangan.
Manfaat menyusui bagi bayi.
 1. Komposisi ASI sesuai kebutuhan.
Telah dibuktikan bahwa komposisi ASI berubah sesuai kebutuhan bayi. ASI yang dihasilkan oleh ibu yang melahirkan kurang bulan ternyata berbeda komposisinya dengan ASI yang dihasilkan oleh ibu yang melahirkan cukup bulan, demikian pula ASI yang keluar dihari pertama sampai hari ke-7 ( KOLOSTRUM) berbeda dengan Asi yang keluar pada hari yang ke10-14 dan asi selanjutnya . hal yang demikian tidak akan ditemukan pada Asi pengganti. Subhanalloh, siapa lagi yang bisa menandingi ciptaan Alloh..?
2. ASI tidak menimbulkan alergi.
 Pada neonatus, sistem lgE belum sempurna, pemberian susu formula akan merangsang aktivitas sistem ini. pada suatu penelitian, bayi yang mendapat ASI ekslusif ( tampa tambahan susu formula ) selama 6 bulan bila terjadi reaksi alergi maka akan lebih ringan dibandingkan yang mendapatkan tambahan susu formula.
3. ASI mengurangi insiden karies dentis
Ada yang mengatakan bahwa kadar selenium yang tinggi dalam Asi bersifat melindungi gigi
4. ASI mengurangi maloklusi. 
Menurut beberapa sumber  salah satu penyebab maloklusi rahang adalah kebiasaan lidah yang mendorong rahang kedepan yang timbul akibat menusu dari botol.
5. Asi memberikan keuntungan psikologis.
Interaksi ibu dan bayi saat proses menyusui memberikan rasa aman pada bayi. perasaan aman ini penting  untuk mengembangkan dasar kepercayaan ( basic sense of trust ) dengan mulai mempercayai orang lain ( IBu ) dan akhirnya mempunyai kepercayaan pada diri sendiri.
Manfaat menyusui bagi Ibu
  1. Menyusui merangsang involusi uterus, isapan bayi saat menyusui akan merangsang terbentuknya oksitosin yang membantu terjadinya infolusi uterus dan mengurangi terjadinya pendarahan setelah melahirkan
  2. menyusui menjarangkan kehamilan, pemberian asi ekslusif selama 6 bulan dapat menjadi pilihan kontrasepsi
  3. ASI tidak perlu dibeli
  4. menyusui memiliki keuntungan psikologis 
  5. Menyusui dapat mengurangi insiden karsinoma mammae.
Manfaat ASI bgi keluarga
  1. Asi tidak merepotkan,  keluarga tidak perlu membantu ibu membuat minuman bayi karena sudah tersedia Asi yang selalu siap sedia walaupun sambil istirahat
  2. Asi mengurangi pengeluaran belanja Rumah tangga 
Tehnik Menyusui
Bila bayi disentuh pipinya, dia akan menoleh kearah sentuhan mencari cari dengan istilah rooting reflex ( Reflex menoleh ), bantulah dia agar dapat menangkap Papilla Mammae ( PSI ) dengan mulutnya yang sudah terbuka dan dengan posisi yang benar, yaitu sebanyak mungkin areola ( daerah gelap disekitar puting) tertangkap oleh mulut bayi, sehingga muncul reflek menghisap, posisi menyusui bisa dengan duduk, berbaring maupun berdiri, agar lebih nyaman, ibu yang menyusui dengan duduk dapat dibantu dengan menggunakan bantal untuk menopang bayi.
Posisi bayi saat menyusui
  • Bayi cukup tenang
  • mulut bayi terbuka lebar
  • bayi menempel betul pada ibu
  •  Mulut bayi dan dagu bayi menempel betul pada payudara ibu
  • sebagian besar aerola masuk mulut bayi 
  • bayi nampak pelan pelan menghisap dengan kuat
  • papilla mammae ibu tidak terasa sakit
  • telinga dengan lengan bayi berada dalam satu garis lurus.
Sebaiknya menyusui tidak terjadwal, karena bayi akan menentukan sendiri kebutuhannya, bayi yang sehat dapat mengosongkan payudara sekitar 5-7 menit dan dalam 2jam ASI sudah kosong dari lambung bayi, oleh karena itu dianjurkan untuk menyusui , untuk menjaga keseimbangan besarnya payudara sebaiknya menyusui dari kedua payudara secara bergantian, setiap kali dimulai dengan payudara terakhir yang disusukan.
 Setelah menetek sebaiknya bayi disendawakan untuk mengeluarkan udara dari lambung supaya bayi tidak muntah saat sehabis menyusu. caranya bayi digendong tegak dengan bersandar pada pundak ibu, kemudian menepuk pundaknya perlahan lahan supaya udara yang terhisap bersama Asi keluar.
Penyimpanan ASI
  1. ASI pada suhu kamr bisa tahan sampai 6-8 jam
  2. ASI yang telah disimpan pada lemari pendingin ( tidak dibekukan ) harus diberikan dalam 2x24 jam sejak ASI tersebut dikeluarkan dari payudara
  3. Untuk disimpan lama , ASI harus segera disimpan beku dalam freezer. lemari harus diatur pada posisi yang dingin sekali. pada suhu -18 derajat celcius dapat disimpan sampai 6 bulan.
Cara pemberian ASI yang telah disimpan
  • Berikanlah ASI yang tersimpan berdasarkan waktu pemerahan ASI (sesuai tanggal yang tercatat, ASI pertama diperah haruslah diberikan terlebih dahulu).
  • Hangatkan ASI yang tersimpan di kulkas dengan meletakkan botol di wadah berisi air hangat selama lima belas menit, sambil dikocok perlahan.
  • ASI yang telah dibekukan didalam freezer harus dipindahkan ke kulkas semalam sebelumnya, setengah jam sebelum waktu menyusui, hangatkan di dalam wadah berisi air hangat. Periksa suhu ASI sebelum diminumkan kepada bayi Ibu dengan cara meneteskannya ke punggung tangan. Setelah dicairkan, berikan ASI secepat mungkin.

PERLU DIINGAT, janganLlah melelehkan atau menghangatkan ASI di microwave sebab banyak zat-zat penting dalam ASI akan hancur. dan juga, panas yang ditimbulkan dari microwave tidak rata, sehingga dikhawatirkan akan berbahaya bagi bayi karena terlalu panas.

Pada penyimpanan ASI dengan cara dibekukan , tidak berpengaruh pada komponen kekebalan yang dikandung dalam ASi, apabila ASI akan diberikan pada bayi setelah didinginkan tidak boleh dipanaskan karena akan merusak kualitas asi. yaitu unsur kekebalannya. pada pemanasan 62,5 derajat celcius selama 30 menit unsur seluler tela rusak dan zat kebal ( IgG, IgA, IgM ) yang dikandung menurun kadarnya, bagi ibu yang sibuk, tetap dapat memberikan ASI dengan cara memerasa ASI ( secara Manual/pompa) dan disimpan menurut aturan diatas. Allohu  A'lam. ( Oleh dr. Faradilla Litiloli ) dengan beberapa tambahan.


Blog, Updated at: 7:40 PM

20 komentar:

  1. Alhamdulillah semua anak-anakku dicukupkan dengan ASI, mudah-mudahan menjadi anak yang cerdas dan sholih tentunya...

    ReplyDelete
  2. syukur adik adik ku kebutuhan asinya tercukupi,,,,,

    ReplyDelete
  3. detail banget penjelasan soal ASI nya, saya yang ngga punya ASI saja jadi pengen...loh?!

    ReplyDelete
  4. lho kan sudah ada dirumah...punya ibunya anak2...

    ReplyDelete
  5. Tips yang cocok untuk istriku kelak :)

    Nice post! (y)

    ReplyDelete
  6. Terima sharing nya Umi, Jazakallah khairan katsiron...
    Alhamdulillah waktu kecil, ibuku bilang beliau memberiku ASI eksklusif :)

    ReplyDelete
  7. nanti kalo saya udah punya anak saya akan praktekkan


    Kunjungan Rutin Kawan, Jangan Lupa Kunjungan Baliknya Saya Tunggu... :D

    #SirauNewsDotCom

    ReplyDelete
  8. ASI. Jangan pernah sekali kali menukar cairan isitimewa dari sang bunda dengan susu FORMULA. HARAM

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk mengharamkan sih perlu dalil yang kuat sob...karena susu formula kadang juga dibutuhkan jika sang ibu setelah melahirkan tidak bisa mengeluarkan ASI atau kondisi darurat lainnya...pada saat itu susu formula bisa menjadi solusinya dari pada nanti bayinya kurang gizi karena tidak ada ASI...yang penting susu formulanya Halal....thanks kunjungannya...

      Delete
  9. alhamdulillah hayyu full asi walau kadang dicampur susu formula karena di tinggl sebentar.

    ReplyDelete
  10. kalau saya amati dengan artikel ini, ternyata membuat anak sehat dan cerdas itu hemat juga ya. yang penting mengetahui kandungan gizi yang sebenarnya banyak di dapat di sekitar hidup kita. ok makasih atas artikel yang menarik ini. salam sahabat blogger dan ditunggu silaturrahmi baliknya di bengkel blogger.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Yap betul sekali, Al Quran sudah berbad-abad memerintah ibu yang baru melahirkan agar memanfaatkan ASI-nya selama 2 tahun. Makasih info sehatnya Mbak.

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

Blog Archive