• Breaking News

    Loading...

    Friday, November 9, 2012

    Cara merawat kulit sesuai jenis kulit secara alami

    Setelah mengenal jenis kulit kita sebaiknya tau juga cara perawatannya sehingga kita dapat mengetahui bagaimana cara merawat kulit kita. ada beberapa cara perawatan kulit diantaranya:
    Cara merawat kulit normal:
    • Kulit normal kebanyakan akan cocok dengan produk kecantikan atau kosmetik apapun. Walau begitu, hindari bergonta-ganti kosmetik karena hal itu bisa saja membuat kulit wajah menjadi iritasi.
    • Gunakan masker wajah. Anda bisa membeli produk masker yang sudah banyak beredar di pasaran ataupun membuat masker alami. Misalnya masker buah-buahan seperti alpukat, mentimun, dan tomat, ataupun masker madu. Pembuatan masker inipun cukup mudah, tinggal hancurkan buah-buahan, tambahkan sedikit minyak zaitun, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama sekitar 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.
    • Walau kulit normal jarang memiliki masalah, jangan malas untuk mencuci muka. Cuci muka sebaiknya dilakukan sebelum maupun sesudah bangun tidur dan juga sehabis beraktivitas.
    Cara merawat kulit kering:
    Jenis kulit yang satu ini tidaklah terlalu sulit untuk diatasi, namun tetap harus hati-hati dalam perawatannya. Kulit kering disebabkan karena kurangnya kelembaban wajah, jadi kunci dalam merawat wajah berkulit kering adalah dengan menjaga kelembaban kulit. Berikut cara perawatannya:
    • Bersihkan wajah dengan air segar untuk membersihkan sisa kosmetik maupun debu dan kotoran. Namun saat tiba waktunya pengeringan, jangan terlalu menggosok wajah dengan handuk apalagi dengan handuk berbahan kasar. Pilih handuk berbahan dasar lembut, lalu tepuk-tepukkan saja ke wajah dan biarkan kulit wajah tidak terlalu kering dan sedikit lembap.
    • Pelembap wajah adalah hal wajib dalam perawatan wajah berkulit kering. Gunakan pelembap wajah yang tepat sebanyak 2-3 kali sehari. Aplikasikan pelembap setidaknya 3-4 menit setelah wajah selesai dibersihkan dengan air.
    • Pilih pembersih wajah yang tidak mengandung sabun/deterjen, karena bahan deterjen bisa membuat kulit wajah menjadi semakin kering dan bisa menimbulkan iritasi.
    • Selain deterjen, hindari penggunaan pembersih wajah yang mengandung bahan scrub. Walau ukurannya sangat kecil, scrub juga bisa menimbulkan iritasi pada kulit wajah kering.
    • Jika ingin menggunakan masker wajah, pilih masker yang mampu menjaga kelembapan kulit wajah. Masker yang mengandung bahan vitamin E ataupun olive oil sangat dianjurkan untuk merawat wajah kulit kering agar tetap lembap.
    Menjaga kelembaban kulit wajah juga harus dilakukan dari dalam, yaitu dengan banyak minum air putih minimal 7 gelas setiap hari 
    Cara merawat kulit berminyak: 
    • Siapkan empat buah tomat yang benar-benar matang. Kemudian haluskan. Sementara itu, rendam beras kira-kira satu genggam selama 30 menit. Lalu tumbuk hingga halus. Gabungkan tomat yang telah dihaluskan dengan beras tersebut, kemudian terapkan ke kulit wajah dan seluruh badan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Body mask ini sangat cocok untuk kulit yang cenderung berminyak.
    • Gunakan masker wajah untuk kulit berminyak, seperti masker tanah liat, masker mentimun dan masker tomat. Bahan-bahan tersebut sangat cocok untuk kulit berminyak, karena mereka dapat menyerap minyak berlebih pada wajah.
    • Hindari menggunakan pelembab secara berlebihan, karena pelembab dapat menutupi pori-pori dan membuat kulit semakin berminyak. Gunakan hanya pelembab dan tabir surya noncomedogenic untuk kulit Anda, karena tidak akan menutupi pori-pori. 
    • Lakukan diet yang benar dan hindari makanan yang digoreng, berlemak dan berminyak. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti, sayuran dan buah-buahan.
    • Lakukan perawatan kulit dengan membersihkan kulit wajah secara teratur dua kali sehari dengan menggunakan pembersih wajah dengan PH seimbang. Selain itu, pastikan pelembab yang Anda gunakan bebas minyak atau liquid oil free, agar wajah Anda tidak terlihat mengkilap saat digunakan.
    • Susu dapat membersihkan minyak pada wajah, tanpa membuat wajah menjadi kering. Bersihkan wajah Anda beberapa kali dengan susu (dengan cara dipijat) agar pori-pori wajah tidak tersumbat oleh sebum atau minyak.
    Itulah beberapa tips kali ini,semoga bermanfaat

    2 comments:

    1. nice info..
      thanks ya, abis baca artikel ini makin rajin merawat kulit :D

      ReplyDelete

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *