• Breaking News

    Loading...

    Friday, November 30, 2012

    Laptop dapat menyebabkan kemandulan pada pria

    laptop dapat menyebabkan kemandulan pada pria
    Ternyata kebiasaan menaruh laptop di paha  dapat berdampak buruk bagi kesehatan.  Hasil
    riset mengungkap bahwa orang yang terbiasa mengunakan laptop di atas paha kemungkinan besar akan terkena ‘sindrom kulit terbakar’.  Sindrom ini memang tidak berbahaya bagi kesehatan secara langsung melainkan yang bersangkutan akan mengalami kulit kemerahan layaknya terpanggang sinar matahari.

    Selain itu kebiasaan memangku laptop juga dapat menimbulkan masalah kesehatan reproduksi pada kaum pria. Studi menemukan laptop di paha bisa meningkatkan suhu testis.

    Meletakkan laptop di pangkuan paha bisa meningkatkan suhu di daerah sekitarnya, termasuk temperatur testis (buah zakar). Jika kondisi ini terus terjadi, maka akan memengaruhi kualitas spermanya. Peneliti mengukur suhu di skrotum (buah zakar) 29 laki-laki muda yang sering meletakkan laptop di pangkuan pahanya. Diketahui suhu skrotum laki-laki tersebut menjadi lebih cepat panas atau naik, bahkan jika partisipan menggunakan pelapis atau bantalan di bawah laptopnya. Oleh karena itu, sebaiknya letakkan laptop di atas meja.

    ”Saat ini jutaan orang muda yang masih berada dalam rentang usia reproduktif menggunakan laptop. Tetapi ternyata dalam waktu 10-15 menit suhu skrotumnya sudah melebihi temperatur aman, namun mereka tidak merasakannya,” ujar Dr. Yefim Sheynkin, seorang urolog dari State University of New York di Stony Brook, seperti dikutip dari Reuters

    Sheynkin menuturkan sejauh ini memang belum ada penelitian yang benar-benar menguji dampak laptop terhadap kesuburan pria. Tetapi penelitian sebelumnya telah menunjukkan jika suhu skrotum naik lebih dari 1 derajat Celsius sudah cukup untuk menyebabkan kerusakan sperma.

    Dalam keadaan normal, suhu testis atau skrotum memang lebih dingin beberapa derajat dari bagian dalam tubuh. Hal ini diperlukan untuk memproduksi sperma.

    ”Saya tidak mengatakan orang yang baru menggunakan laptop akan menjadi tidak subur. Tetapi terlalu sering menggunakan laptop bisa memengaruhi masalah reproduksi, karena skrotum tidak memiliki waktu untuk mendinginkan temperaturnya,” ungkap Sheynkin.

    Posisi duduk saat memangku laptop kemungkinan juga turut memengaruhi, orang yang duduk diam dengan kaki tertutup akan mengalami peningkatan suhu yang lebih cepat dibandingkan dengan orang yang duduk dengan posisi kaki melebar. Selain itu bantalan laptop yang digunakan juga tidak bisa berbuat banyak untuk mendinginkan testis, dan mungkin hanya akan memberikan rasa aman palsu bagi laki-laki tersebut.

    Dr. James Smith, ahli urologi dari University of California, Chicago menuturkan konsekuensi testis yang terus mengalami overheating (hipertermia skrotum) belum dipastikan akan menjadi permanen atau tidak, tetapi membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mengatasinya dan membuat pasangannya menjadi sulit untuk hamil.
    Sumber: Doktersehat.com

    2 comments:

    1. Hahaha bisa gitu ya, wah baru tau padahal gwe sering banget tu naruh lepi di paha wkwk.

      ReplyDelete
      Replies
      1. untuk menjaga kesehatan ya sebaiknya dihindari gan..trims ya dah mampir

        Delete

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *