• Breaking News

    Loading...

    Sunday, November 11, 2012

    Mengenal jenis Sayuran

    mengenal jenis sayuran

    Bismillah
    Sebelum masak ada baiknya jika kita memikirkan dulu apa yang hendak di masak terus lebih baik juga
    bila kita mengetahui kandungan gizi yang ada di dalamnya, karena kita makan bukan hanya untuk sekedar mengisi perut saja melainkan untuk menghasilkan tenaga dan menjaga kesehatan tubuh agar kita bisa melakukan  segala aktifitas dengan baik .
    Ada beberapa jenis sayuran sebagai berikut: 
     Sawi adalah sekelompok tumbuhan dari marga brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip satu sama lain.
    Di indonesiapenyebutan sawi biasanya mengacu pada sawi hijau (Brassica rapa kelompokparachinensis, yang disebut juga sawi bakso, caisim, atau caisin). Selain itu, terdapat pula sawi putih (Brassica rapa kelompok pekinensis, disebut juga petsai) yang biasa dibuat sup atau diolah menjadi asinan. Jenis lain yang kadang-kadang disebut sebagai sawi hijau adalah sesawi sayer (untuk membedakannya dengan caisim).kailan (Brassica oleracea kelompok alboglabra) adalah sejenis sayuran daun lain yang agak berbeda, karena daunnya lebih tebal dan lebih cocok menjadi bahan campuran mi goreng

    Brokoli Brassica oleracia L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae Brokoli berasal dari daerah laut tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.
    Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.
    Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin
    Sebagai makanan, brokoli biasanya direbus atau di kukus atau dapat pula dimakan mentah. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan. Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya brokoli tidak direbus terlalu lama, kira-kira tidak lebih dari 5 menit. Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulorafana (sulforaphane). Selain itu, brokoli mengandung senyawaan itosiocian yang, sebagaimana sulforafana, ditengarai memiliki aktivitas antikanker..
    Labu merupakan buah yang dihasilkan oleh sejumlah anggota suku labu-labuan (cucurbitaceae), terutama yang berukuran cukup besar dan berbentuk bulat atau memanjang. Tidak ada kriteria yang jelas mengenai pemanfaatannya, sehingga labu dapat dimakan segar atau diolah terlebih dahulu; namun labu biasanya tidak dimakan sebagai lalapan.

    Seledri mengandung asam amino, bororn , kalsium, klorin,asam lemak esensial, folat,zat besi, inositol, magnesium, mangan, fosfor, juga mengandung vitamin. A, vitamin B1, B2,B3,B5,B6, vitamin C, E, dan K. 
    Daun sledri  mengandung vitamin C yang dapat menurunkan kolestrol, mencegah kangker, menurunkan darah tinggi, dan meningkatkan kesehatan.Biji sedri bermanfaat sebagai anti septik, membantu mengurangi asam urat, biji seledri juga dapat membantu dalam menghindari saluran kemih pada wanita.
    Akar seledri baik untuk kesehatan jantung.

    Selada mempunyai kandungan mineral termasuk fosfor, besi, tembaga,kobalt,gingseng, kalsium, mangan dan potasium. sehingga selada mempunyai khasiat terbaik dalam menjaga keseimbangan tubuh. Kulit luar yang hijau adalah yang paling baik. Dimasak perlahan-lahan selama 15 menit merupakan obat penderita insomnia.
    Dan masih banyak lagi jenis sayuran yang lain, mungkin hanya ini dulu saja semoga bermanfaat.
    (  sember: Wikipedia )


    No comments:

    Post a Comment

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *