• Breaking News

    Loading...

    Saturday, March 2, 2013

    Fenomena Unik Kebun Bawah Tanah yang Indah

    Fenomena unik kebun bawah tanah yang indah
    Setelah berlalu Artikel tentang Berbagai macam manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan kali ini lovely mau berbagi lagi tentang Fenomena unik kebun bawah tanah yang indah. kalau di Indonesia berkebun adalah suatu hal yang sudah biasa karena indonesia lahannya luas dan subur serta dua iklim yang sangat mendukung untuk bercocok tanam. Berbeda dengan di Jepang, orang berkebun dan bersawah di bawah tanah atau lebih tepatnya di bawah bangunan gedung pencakar langit. karena seperti yang kita tahu Negara jepang  adalah Negara yang luas areanya kecil, sehingga untuk bercocok tanam harus mensiasati lahan yang minim, akan tetapi teknologi jepang lebih maju dibandingkan di Indonesia. Di lantai dasar gedung Nomura yang berlantai 27 di distrik Otemachi, Tokyo mereka menanam tanaman seperti sayuran dan padi.

    Di areal seluas 1000 m2 tumbuh subur sayuran seperti tomat, strawberi, padi dan tanaman lainnya. Tanaman di tanam dengan sistem hidroponik (cara menanam tanpa media tanah).  Nanpakuudo adalah sejenis tumbuhan yang sering ditanam di bawah tanah oleh orang Jepang. Bentuknya mirip asparagus. Konon, budaya menanam nanpakuudo di bawah tanah ini sudah dimulai sejak jaman dulu. Orang Jepang mulai menyadari kalau nanpakuudo dapat berkembang biak lebih baik saat sinar matahari sangat redup. Lambat laun, para petani Jepang mulai mencoba menanam nanpakuudo di dalam gudang penyimpanan ubi yang sangat tertutup. Ternyata, tumbuhnya lebih baik. Warnanya lebih putih bersih dan lebih lembut. Jadilah mereka mulai menggali tanah dan membuat tempat khusus untuk menanam nanpakuudo. Nanpakuudo ini sering dicampurkan dalam sup miso dan tempura, makanan Jepang yang terkenal .

    Sebagaimana hal nya tumbuhan, tanaman yang di tanam di bawah bangunan tentu membutuhkan cahaya matahari, kelembaban udara dan sebagainya. Sebagai pengganti cahaya matahari, kebun dibawah tanah ini di suplai oleh lampu seperti LED, dan high-pressure sodium vapor lamps. Semuanya di kontrol oleh komputer sehingga baik cahaya maupun temperatur mirip dengan kebun aslinya. sungguh kreatif bukan... coba kita lihat di negara kita ini, area yang cukup luas, SDA yang melimpah akan tetapi SDM nya kurang sehingga banyak area atau lahan di Indonesia justru malah di manfaatkan oleh negara lain untuk dijadikan kebunnya dan malah tuan rumahnya sendiri menjadi kuli atau pekerjanya, selain itu banyak pembangunan gedung2 dan pabrik yang malah menimbulkan limbah yang dapat mencemarkan lingkungan seperti lumpur Lavindo, sungguh miris bukan..

    Sebagai bangsa Indonesia kita telah diberikan karunia yang begitu besar oleh Alloh Subhanahuwata'ala  berupa lahan yang luas dan subur dan sebaiknya kita memanfaatkannya dengan sebaik baiknya dan berusaha melestarikan lingkungan serta sebagai wujud rasa syukur kita terhadap Alloh Azawajalla.. 
    itulah Fenomena unik kebun di bawah tanah yang indah kali ini semoga bermanfaat..
    Dari berbagai sumber, Allohu A'lam

    25 comments:

    1. ada juga ya ternyata taman di bawah taman seperti itu ... yang jadi pertanyaan mungkin bagaimana proses penyinarannya

      ReplyDelete
      Replies
      1. mungkin sobat kurang teliti membacanya, sebagai pengganti sinar matahari di gunakan lampu seperti LED, dan high-pressure sodium vapor lamps. Semuanya di kontrol oleh komputer sehingga baik cahaya maupun temperatur mirip dengan kebun aslinya(kebun di luar bukan bawah tanah)
        trims ya dah mampir

        Delete
    2. Biasanya yang diberi nikmat lebih malah tidak sadar Ummu... Banyak tanah lapang yang subur di Indonesia malah dijadikan Real Estate. Atau sekalinya ada penanaman tapi dipersulit pupuk atau hasil tanam di monopoli tengkulak. Perilaku rakusnya jadi membuat malas petani desa untuk bercocok tanam. Sedangkan yang punya tanah seuprit seperti Jepang harus banting otak bagaimana cara hanya untuk sekedar berkebun!

      ReplyDelete
      Replies
      1. bener juga sob sering terjadi hal seperti itu...tapi semoga para petani di Indonesia tidak mudah menyerah untuk mengolah lahan pertaniannya karena itu juga untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari harinya.. coba bayangkan kalau ga ada petani berati harus inpor bahan makanan terus dari luar negri sedangkan penduduk di Indonesia aja rata2 masih golongan menengah kebawah.. bisa bangkrut negara kita..
        trims ya dah berkunjung..

        Delete
    3. Terima Kasih Buat Artikel yang Bagus dan Menarik ini Mas Bro...

      ReplyDelete
      Replies
      1. terimakasih juga kunjungannya gan...

        Delete
    4. orang bilang tanah kita ( indonesia ) tanah surga , tongkat kayu dan batu jadi tanaman,......

      ReplyDelete
      Replies
      1. ya gan itu hanya bayangannya saja yang jelas surga pasti jauh lebih indah dari semua ini, saya juga pernah denger

        Delete
    5. Jepang memang punya segudang Teknologi dan Kreativitas. Dibawah gedung pun bisa di jadikan kebun, utk selanjutnya apa ya... :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. hmmm... entahlah mendingan kita berusaha untuk berkreativitas sendiri aja...biarpun dengan vasilitas yang sederhana kalau kreativitas sendirikan lebih membanggakan..
        thanks ya kunjungannya..

        Delete
    6. Ini impianku, gimana caranya ya? wong rumahku diatas rawa!??!

      ReplyDelete
      Replies
      1. ya kita manfaatkan saja lahan yang ada ini untuk berkebun secara alami dengan penyinaran yg alami kan lebih mudah dan murah g butuh biaya banyak seperti di jepang he3..trims ya kunjungannya..

        Delete
    7. unik banget tuh ada kebun bawah tanah ^^

      ReplyDelete
      Replies
      1. betul gan, unik dan menarik karena langka..he3..terimakasih telah berkunjung

        Delete
    8. sungguh indah :)
      like deh ....

      mampir :)

      ReplyDelete
    9. selayaknya kita contoh negara lain yang memberi kebaikan ilmu seperti jepang ...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener kang sesuatu yang baik patut untuk dicontoh, tapi ada yg harus digaris bawahi yaitu " hanya yang baik saja yang dicontoh dan yang buruk ditinggalkan ga perlu diambil juga".. Terimakasih ya atas masukan dan kunjungannya..

        Delete
    10. wow unik nih.. patut di kembangkan.. :D

      come back..

      ReplyDelete
    11. jepang memang jagonnya,segala macam teknologi bisa diatasi.
      bagus juga ya sob,berkebun bawah tanah.....pingin nyoba tapi biayanya pasti mahal kan.

      ReplyDelete
      Replies
      1. saya juga pengen sob, tapi ya itu butuh biaya yg tidak sedikit...trims ya dah mampir

        Delete
    12. Replies
      1. silahkan aja gan... tapi diindonesia juga banyak yg menarik ko...thanks ya dah berkunjung

        Delete

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *