• Breaking News

    Loading...

    Wednesday, February 27, 2013

    Berbagai macam manfaat Kunyit untuk kesehatan dan Kecantikan

    berbagai macam manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan
    Beberapa hari yang lalu Lovely sudah berbagi  permainan Tebak kata yang lucu dan gokil abis sekedar untuk hiburan untuk Rekan rekan semua, kali ini Lovely mau berbagi lagi artikel tentang Berbagai macam manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan, adapun manfaatnya untuk kesehatan sebagai berikut:
    1. Kunyit mampu sebagai antikoagulan alami yang dapat menghalangi pembekuan darah dan mencegah terjadinya trombosis.
    2. Kunyit memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah, mengobati diare, sakit lambung,rematik, usus buntu dan asma.
    3. Sifat analgesik alami kunyit dapat mengurangi rasa nyeri. Sifat analgesik dan antiinflamasinya kunyit dapat mengobati artritis dan rheumatoid artritis.
    4. Kunyit berpotensi memperpanjang jangka waktu abilitas kognitif otak sehingga dapat menghambat penyakit pikunKunyit memiliki kemampuan meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Kurkumin memiliki kemamputan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
    5. Kurkumin pada kunyit memiliki kemampuan menghambat laju pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah baru sehingga dengan kemampuan ini kunyit dapat mencegah dan mengobati kanker.
    6. Efek farmakologis yang terkandung dalam kunyit dapat melancarkan darah dan haid serta mengurangi rasa lelah dan nyeri saat datang bulan atau haid.
    Adapun cara menggunakannya untuk mengobati berbagai penyakit seperti dibawah ini:
    • Untuk Tekanan darah tinggi. caranya: dapatkan 5 ruas kunyit sebesar jari, kupas kulitnya lalu dicuci hingga bersih, lalu diparut, disaring, dan diperas, diambil airnya, kemudian disedu dengan air hangat 1/2 gelas setelah dingin baru diminum, minum setiap pagi dan sore hari.
    • Untuk Disentri. Caranya ambil 1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya. Lalu semua bahan  direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Diminum dan diulangi sampai sembuh.
    • Berak Lendir (Disentri) Caranya: 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih. Kemudian direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Lalu Diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.
    • Mencret Caranya: Rimpang kunyit 1/2 jari; Rasuk angin 1/2 sendok teh; Ketumbar 3 biji; Buah kayu ules 1 biji; daun trawas 1 helai, Campuran ditumbuk; ditambah air 115 ml dan dididihkan; kemudian disaring, Diminum pagi dan sore; tiap kali minum 100 ml 

    • Perut Mulas pada saat Haid. Caranya ambil 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm. Kemudian semua bahan tersebut dicuci bersih dan diparut untuk diambil airnya, kemudian di tambah dengan perasan jeruk nipis, diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan disaring. Bisa juga ditambah garam dan gula secukupnya dan diminum pada hari pertama haid. atau mungkin madu asli.
    • Memperlancar ASI. Caranya 1 rimpang kunyit ditumbuk sampai halus, kamudian  Dioleskan sebagai kompres diseputar payudara 1 kali setiap 2 hari.
    •  Cangkrang (Waterproken) Caranya 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng, lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu dioleskan pada bagian yang kena cangkrang.
    •  Pengobatan Diabetes mellitus.  Cara pengobatannya : Ambil 3 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh garam. Kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. setelah itu diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.
    • Untuk Sakit Tifus. Caranya : Siapkan 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. Lalu semua bahan  ditumbuk halus dan diperas untuk diambil airnya, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat, dan disaring. Diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut-turut. Atau yang paling sederhana ambil 1 rimpang kunyit parut, kemudian peras tanpa diberri air, kemudian air perasan kunyit tadi ditambahi madu aduk rata. Kemudian minum 2 kali sehari tiap pagi dan sore.
    • Untuk mengobati Reumatik. caranya: ambil satu batang kunyit, cuci bersih, lalu diparut, kemudian campur dengan minyak kelapa secukupnya, kemudian tempelkan ramuan ini pada bagian tubuh yang terkena reumatik sepanjang malam..
    Kunyit tidak hanya untuk kesehatan namun berkhasiat untuk kecantikan. Bagi wanita terlihat segar, sehat dan cantik itu sangat penting. Kunyit Senyawa THCs (tetrahydrocurcuminoids) pada kunyit bermanfaat sebagai antioksidan dan mencerahkan kulit, sehingga memiliki prospek dalam pembuatan formula kosmetik. . Karena kandungan zat yang terdapat pada kunyit berkhasiat sebagai obat, menjaga tubuh tetap sehat dan awet muda. Kunyit juga bisa digunakan sebagai lulur yang berkhasiat untuk memberi warna segar (kuning langsat) pada kulit tubuh. Selain itu kunyit juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Kunyit sebagai zat anti septik dan anti radang dapat membantu mengurangi pertumbuhan jerawat bahkan menghilangkannya. Penggunaan kunyit untuk kecantikan khususnya untuk masker adalah: Pilih kunyit yang masih muda (warna kuningnya tidak terlalu pekat) setelah itu kunyit diparut kemudian dijemur lalu dicampurkan dengan tepung beras, sari jeruk dan alpukat. Jika sering digunakan maka kulit menjadi halus dan mulus. Hal ini dikarenakan karena kandungan anti oksidan dalam kunyit. Selain itu kunyit juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe caranya : dapatkan satu ruas kunyit ( secukupnya ), cuci bersih lalu diparut, gosokkan parutan kunyit tersebut kekulit kepala dan rambut sambil dipijat, lakukan hal ini setiap hendak tidur malam, keesokan harinya cuci rambut Anda dengan shampo hingga bersih.

    Itulah Berbagai macam manfaat kunyit untuk kesehatan dan mungkin masih banyak manfaat kunyit yang lainnya yang belum tertulis disini, kalau anda ingin menambahkan silahkan ditulis dikolom komentar
    Dari berbagai sumber, Allohu A'lam..

    26 comments:

    1. Kunyit sangat mudah didapati, terutama yang tinggal di kampung (kayak saya ini) di belakang rumah banyak.
      Selama ini saya pun tahu kunyit berpotensi sebagai obat namun hanya samar-samar

      Terima kasih, Tips ini sangat baik, bermanfaat, menambah pengetahuan

      ReplyDelete
    2. Ternyata kunyit memiliki banyak manfaat selain dijadikan sebagai bumbu dapur..

      ReplyDelete
    3. nice post, sob.
      ternyata u/ maskernya banyak camppuran lain y?
      emang kalo kunyit aj bakalan jd muka alien. hahah

      ReplyDelete
    4. ternyata bahan2 alami sangat memberikan manfaat besar bagi dunia kesehatan ya

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya gan.. selain itu lebih aman..dan murah meriah..
        thanks ya dah mampir..

        Delete
    5. wah ternyata banyak juga manfaat nya :D

      mampir :)

      ReplyDelete
    6. murah meriah tapi banyak manfaatnya...kunyit isdebes :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. betul sekali gan.. terimakasih ya dah berkunjung..

        Delete
    7. alternatif herbal memang akan selalu mengejutkan.. terutama di bidang kesehatan iia ;) mantap!!!

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya gan saya suka obat2tan herbal yg alami karena g ada efek sampingnya... terimakasih kunjungannya..

        Delete
    8. Kunyit trnyata salah satu bahan alami yg ada di dapur yg sngt bermanfaat ya,,,
      byk penyakit yg bisa di sembuhkan dgn bahan ini. terima kasih ilmunya mbak!

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama2 gan.. terimakasih juga dah berkunjung

        Delete
    9. kok saya baru tahu yah klw kunyit byk sekali manfaatnya. setau saya cuma bisa utk sakit tyfus saja. mksh ya mbah infonya

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama2 mbak...Terimakasih dah mampir..
        hi3.. dah di panggil mbah ane..

        Delete
    10. Wah setelah membaca postingan ini, ternyata saya baru tahu manfaat dan khasiat kunyit itu sangat banyak sekali. Pantes saja, alat/media kosmetik cewek banyak dari bahan kunyit ya! :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. bener gan.. kunyit memang banyak sekali manfaatnya apalagi buat wanita..thanks ya dah berkunjung

        Delete
    11. terimakasih banyak untuk infonya.
      mudah-mudahan bermanfaat

      ReplyDelete
      Replies
      1. Amien...terimakasih juga kunjungannya...

        Delete

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *