• Breaking News

    Loading...

    Friday, March 29, 2013

    Inilah SuriTauladan Yang Baik

    Inilah suri tauladan yang baik
    Sahabat Umar bin al Khatthab menceritakan suatu hari aku pergi ke rumah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam untuk berkunjung. Aku menemukan beliau sedang berbaring di atas sehelai tikar.

    Aku pun duduk bersimpuh di dekat beliau, dan beliaupun segera membenahi sarungnya yang cuma satu-satu beliau miliki. Aku melihat tikar yang beliau gunakan untuk berbaring telah meninggalkan bekas di punggung beliau.

    Aku mengamati lemari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, dan ternyata aku melihat di dalamnya hanya terdapat sedikit gandum kira kira satu sha' ( sekitar 2,5 Kg), bahan-bahan untuk menyamak kulit, dan sehelai kulit hewan yang tergantung. Tanpa disadari kedua mataku  berlinangan air mata.

    Melihat aku menangis, Rasulullah bertanya kepadaku: wahai putra Al Khatthab, apa yang menyebabkanmu menangis?

    Akupun menjawab: wahai Nabi Allah, bagaimana aku tidak menangis, tikar ini telah membekas di punggungmu, dan ini lemarimu tidak tersimpan apapun kecuali yang aku lihat ini, padahal engkau adalah Rhosul dan hamba pilihan Allah. Di sisi lain Kaisar Romawi, dan Persia bergelimang didalam taman yang penuh dengan buah dan sungai. Wahai Rasulullah, lihatlah keLemarimu ....Mendengar ucapan sahabatnya ini, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
    :
    Wahai Ibnul Khattab, apakah engkau tidak rela bila kita mendapatkan kebahagiaan di akhirat, sedangkan mereka hanya mendapatkan kehidupan dunia?

    Sahabat Umar menjawab: Tentu aku rela. ( Muslim)
    Begitulah kehidupan seorang Rosululloh Shollallohu alaihi wassallam yang mana beliau adalah kekasih Alloh Subahanahuwata'ala tapi kehidupan beliau sangat sederhana dan beliau selalu bersyukur dengan setiap nikmat yang Alloh subahanhu wata'ala berikan. lalu bagaimana dengan kita wahai saudaraku...? yach.. semoga saja kita bisa meneladani Beliau Rhosululloh shollallohu alaihi wassallam dalam segala hal... walaupun kita tidak mampu karena keimanan kita jauh berbeda dibandingkan beliau setidaknya kita sudah berusaha dan Alloh subahanahu wata'ala pasti melihat dan menilah setiap usaha yang telah kita lakukan. ( sebuah renungan dari status ustad Muhammad Arifin Badri Rohimahulloh)

    30 comments:

    1. untuk sementara ini.. figur beliau merupakan yang paling saiia suka :) ketegasannya.. kepandaian penggunaan akalnya :) keren!

      ReplyDelete
      Replies
      1. smoga jangan cuma sementara ya sob....karena Sosok Beliau Nabi Muhammad adalah manusia paling sempurna dimuka bumi ini dan pantas untuk dijadikan Idola/ suritauladan buat kita semua...terimakasih atas kunjungannya..

        Delete
    2. Pelajaran yg sgt bermanfaat mbak...tq sudah berbagi!

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama sama sob tq juga dah berkunjung..

        Delete
    3. Artikel yang sangat bagus sekali, terima kasih telah berbagi.. karena sedikitnya telah mengingatkan saya untuk selalu bersyukur atas setiap nikmat yang Allah berikan....
      Terima kasih...

      ReplyDelete
      Replies
      1. terimakasih juga atas kunjungannya sob, smoga kita termasuk orang2 yang bersyukur...

        Delete
    4. Rasulullah menjadi tauladan paling baik sepanjang zaman
      Alangkah indahnya bila dapat mencontoh kesederhanaannya
      Terima kasih dapat turut membaca post ini, untuk saya renungkan

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama2 gan smoga kita bisa meneladaninya...

        Delete
      2. setelah merenungkan, pak harun biasanya ketiduran

        Delete
      3. ha3...pasti menghayati banget tu...

        Delete
    5. uswah hasanah, ya ada dalam diri Rasulullah, siapapun dia jika beruswah kepada nya tidak aklan merugi, setuju dengan pak harun.. rasulullah tauladan sepanjang aman...

      ReplyDelete
    6. sangat bermanfaat,...
      terima kasih,..
      :)

      ReplyDelete
    7. tuh kan junjungan kita saja sedemikian sederhananya, tapi kita malah maunya bermewah-mewah. masya allah, hebat sekali ya rasulullaah kita.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Betul sob...Muhammad Shollallohu alaihi wassallam is the best..

        Delete
      2. tapi saya kadang-kadang juga tidur di lantai di depan tivi. dapet pahala nggak ya?

        Delete
      3. bisa juga dapat pahala kalau niatnya untuk menjaga kesehatan tubuh agar bisa beraktivitas menjalankan kewajiban kita sehari2.. oh iya tidur siang itu sunnah lho, kalau bisa tidur siang juga dapat pahala...

        Delete
      4. tapi kalo tidurnya di kantor malah jadi dosa ya Mbak,, hehe

        Delete
      5. ga tau ya..tapi waspada aja nanti digebrak sama atasan..he3x..

        Delete
    8. terenyuh kembali :')

      lebih beruntung dan tetap bersyukur apapun kondisinya, dan tetap berusaha juga :) .

      ReplyDelete
      Replies
      1. betul mbak..dan tetap semangat ya...terimakasih atas kunjungannya..

        Delete
    9. Penyebar risalah iya, Pemimpin rakyat iya, Panglima perang iya, Guru besar iya, Suami iya, Ayah iya.... Subhanallah, alangkah banyaknya jabatan beliau tapi zuhud dan wara'nya tiada banding. Mencoba dan terus mencoba, belajar agar waktu membiasakan kiat hidup Qona'ah

      ReplyDelete
      Replies
      1. amienn..semoga kita bisa meneladani beliau ya sob...thanks ya kunjungannya..

        Delete
    10. hidup kita sebenarnya tuk orang lain :)
      seperti itulah yang beliau ajarkan dan sekaligus terapkan

      Belajar Photoshop

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya sob.. kalau boleh nambahin sebenarnya hidup kita itu untuk Alloh subahanahuwata'ala seperti dalam Al-Qur'an " Tidak akan Ku ciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepada-Ku,(Q.s. Adz-dzariyat:56). tetapi itu juga bukan berati kita harus beribadah dalam artian harus solat terus menerus atau puasa setiaphari atau ibadah utama lainnya tanpa henti melainkan akhlak yag mulia, membantu orang lain, menafkahi anak n istri dll juga termasuk ibadah dan yg paling penting adalah menghindari kesyirikan. thanks ya dah mampir...

        Delete
    11. Meski tidak sama, tapi kesederhanaan adalah prinsip ayng aku pegang dri dulu

      ReplyDelete
      Replies
      1. wah prinsip yg bagus sobat..trims kunjungannya..

        Delete

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *