• Breaking News

    Loading...

    Monday, May 20, 2013

    Peran Suami Disaat Proses Persalinan

    peran suami disaat proses persalinan
    Lanjutan dari artikel sebelumnya Minggu minggu terakhir persalinan dan persiapan melahirkan bayi. Dalam hal ini suami sangat berperan penting terhadap masa masa persalinan isterinya, diantaranya yang bisa suami lakukan menjelang persalinan adalah:
    1. Memberikan semangat, dukungan dan menjaga agar ibu tetap menjaga tekhnik pernafasan,
    2. Memberikan bantuan fisik dengan menyangga ibu pada posisi yang telah dianjurkan dokter, memberikan dukungan dengan memegang tangan ibu saat ibu merasakan sakit,
    3. Mengurut dan mengelus punggung ataupun pinggang ibu untuk dapat mengurangi rasa nyeri yang ibu rasakan,
    4. Kehadiran suami yang senantiasa berada di dekat isterinya saat melahirkan akan membangkitkan semangat dan tenaga isteri yang dirasakan isteri mulai menurun.
    Mencari tempat Persalinan 
    Ada beberapa hal yang perlu diketahui saat memili tempat persalinan:
    • Ruamah sakit, seorang wanita hamil dan suaminya biasanya berkeinginan mendapatkan lingkungan nyaman dan mengembangkan praktek praktek / konsep terbaru tentang kelahiran, masih ada beberapa rumah sakit yang mempunyai peraturan ketat mengenai persalinan, pendamping, , maupun pengunjung yang diizinkan menemani ibu dalam kelahiran bayi. namun demikian apabila anda seorang ibu yang beresiko tinggi, ada kemungkinan harus melahirkan dirumah sakit. Kunjungi tempat persalinan yang menjadi pilihan ibu dan ajukan pertanyaan mengenai kebijakan ruma sakit tentang kelairan bayi, tanyakan pula bisakah Anda, suami, dan bayi bersama dalam satu ruangan sesering mungkin, tanyakan pula lama kunjungan ataupun fasilitas lain.
    • Rumah Bersalin, merupakan fasilitas diluar Ruma sakit yang berdiri sendiri, yang menawarkan persalinan sendiri, dan berpusat pada keluarga. biasanya ruma bersalin memiliki staf ahli/profesional yang berlisensi dan bidan bersertifikat. karena berpusat pada keluarga, mereka juga menyarankan keluarga dan suami menjadi pendamping, atau hadir pada saat persalinan.
    • Persalinan dirumah, Sebagian ibu ibu memilih tempat melahirkan yang telah dikenalnya, boleh jadi lantaran akan memberi perasaan nyaman karena dihadiri oleh keluarga dan kerabat yang tidak dapt dibandingkan dengan tempat manapun.boleh saja seorang ibu melahirkan dirumah, namun ada hal hal yang perlu diperhatikan antara lain :Tanyakan dan pastikan pada dokter /bidan anda bahwa kehamilan anda normal dan tidak ada komplikasi yang menyertai, pastikan anda mengerti kekurangan dan kelebihan melahirkan dirumah, pastikan anda mengetahui kemampuan penolong persalinan yang telah anda pilih, pastikan anda telah mengetahui prosedur persalinan yang aman dan bersih, dan pastikan ruangan anda nyaman, bersih dan hangat, karena bayi baru lahir belum dapat mengatur suhu badannya saat kelahiran.
    Itulah peran Suami disaat persalinan isterinya yang hendak melahirkan, semoga artikel ini bermanfaat..
     

    40 comments:

    1. jangan lupa siaga bawa jarik, kemul, dan popok bayi biar nanti tidak beli di rumah bersalin atau di rumah sakit, sepele tapi agak penting

      ReplyDelete
      Replies
      1. betul sob, terimakasih tambahannya...dah pengalaman nih pasti...

        Delete
      2. saya belum pengalaman kaerna baru pertama kali menemani istri melahirkan, dan harus pulang ambil jarik, dan popok serta peralatan bayi lainnya, hehe

        Delete
      3. setahu saya biasanya kalau melahirkan di RB dipinjemi dulu popoknya...

        Delete
      4. oh gitu ya mbak, mungkin kalau orang yang punya uang tidak mau ribet langsung beli aja di toko yagn ada di RB

        Delete
      5. Bukannya Mas Agus banyak uangnya kan suami isteri kerja punya penghasilan masing2...tapi kalau bawa sendiri dari rumah kalu memang dirumah sudah ada ya ngapain beli lagi ya mas...

        Delete
    2. InsyaAllah kelak kalau saya udah beristri danmelahirkan, saya akan berada disisinya mbak..hihihi

      ReplyDelete
      Replies
      1. ya deh...smoga cepet dapat jodoh ya...ditunggu undangannya...he3

        Delete
      2. ada nasinya juga, jangan lupa

        Delete
      3. ga lupa sih..cuma ga ingat apa ya...

        Delete
      4. kecap sama krupuk juga enak lho

        Delete
      5. kalau saya dirumah harus sedia kecap, harus ada kecap so'alnya suami suka makan pake kecap untuk menambah cita rasa masakan yg lain..kecuali kalau kehabisan dan lupa beli...

        Delete
      6. asik ada yang traktir makan minum nih

        Delete
      7. Monggo mang di unjuk makanan dan minumannya...

        Delete
    3. saya selalu siap sedia menjadi suami ideal untuk urusan ini. apalagi saya kan orangnya tahan banget. pasti suka yang kayak gini. cuma begitu dokter memutuskan istri saya harus melahirkan sesar, saya jadi nggak boleh ngedampingin di ruang operasi kan..

      ReplyDelete
      Replies
      1. istri saya pingsan saat itu. jadi diputuskan segera sama dokternya untuk sesar.

        Delete
      2. oo gitu tapi syukurlah semuanya selamat dan sekarang dah besar2 anaknya...

        Delete
      3. alhamdulillaah Mbak. segala puji kepeda Allah

        Delete
      4. mamang juga ndak bisa dampingin Istri saat melahirkan anak kedua, karena sesar

        Delete
      5. ga papa Mang yang penting kasih semangat dan dukungan buat isterinya...

        Delete
    4. namanya juga suami istri. kewajiban suami adalah selalu memberikan support pada istrinya..apalagi saat hendak melahirkan buah hati keturunan dari hasil kerjasama yang kompak antara suami istri yang bersangkutan :-)

      ReplyDelete
    5. boleh jadiin bahan buat nanti kalo uda nikah,,,,

      ReplyDelete
      Replies
      1. silahkan sob...terimakasih kunjungannya..

        Delete
    6. Tapi waktu persalinan anak kedua, mamang ndak bisa dampingin Istri, karena harus sesar dan belum saat nya untuk melahirkan, dan setelah sesar selesai mamang juga ndak bisa dampingin istri karena harus dampingin bayi kecil ku selama tiga belas hari yang dirawat di ruang NICCU dirumah sakit berbeda...

      ReplyDelete
      Replies
      1. ooh gitu ya mang tapi semuanya selamt kan Mang smoga semuanya sehat walAfiat..

        Delete
      2. Alhamdulillah selamat keduanya... meskipun sawah dan kebun terjual tapi yang terpenting keduanya selamat

        Delete
    7. mantaf gan info nya....mau jadi reseller parfum+Jam tangan? kunjungi ya web kita http://cherylaghnishop.blogspot.com/


      ReplyDelete

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *