• Breaking News

    Loading...

    Thursday, December 20, 2012

    Mengetahui penyakit stroke dan cara menghindarinya

    mengetahui penyakit strok dan cara menghindarinya
    Kali ini lovely akan berbagi  artikel tentang stroke di mana stroke ini adalah penyakit yang sangat berbahaya, sebelumnya lovely berbagi artikel tentang penyakit biduran. ada yang bilang " awas hati hati biduran akan membunuhmu" karena sang penulisnya sendiri yang mengalami biduran dan katanya setelah periksa ke dokter , dokternya memfonis bahwa biduran tidak ada obatnya. mungkin penulis artikel lagi bingung kali ya.. jadi postingannya judulnya seperti itu, he3...soalnya aku sendiri pernah mengalami biduran jadi tau gimana rasanya biduran, kalau penyakit yang satu ini cocok untuk di waspadai bisa membunuh penderitanya yaitu stroke.

    Berita Terbaru, Sekitar satu miliar orang di dunia berisiko terkena penyakit jantung dan stroke akibat kegemukan, dan 17 juta orang setiap tahunnya meninggal karena kedua penyakit ini. Di Indonesiapenyebab kematian, penyakit jantung berada di urutan pertama (42,9%), dan Stroke urutan kedua (25,9%). Apa itu penyakit Stroke ? Penyakit ini adalah penyakit pembuluh darah otak yang ditandai dengan rusaknya jaringan otak . Ada 2 macam penyakit stroke, yaitu kerusakan jaringan otak akibat penyumbatan / penyempitan ( infark ) dan akibat perdarahan pembuluh darah otak ( bleeding ). Penyakit ini ditandai dengan adanya gejala gejala menurunnya fungsi susunan saraf bisa dibagi 2 jenis yaitu : Stroke iskemik ( infark ) dan Stroke hemoragik ( bleeding ),... 

    Penyakit Iskemik yaitu tersumbatnya pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke otak sebagian atau keseluruhan terhenti. sebagian besar dari kasus adalah Iskemik. Stroke Iskemik ini bisa terjadi karena adanya gumpalan darah yang menyumbat aliran darah ke otak serta berkurangnya aliran darah ke otak akibat daya dorong jantung yang lemah. Hemoragik disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak. Penyakit hipertensi sering menjadi penyebabnya. untuk penyakit hemoragik ada dua jenis, yaitu :
    1. Hemoragik Intraserebral : pendarahan terjadi dalam jaringan otak.
    2. PHemoragik Subaraknoid : pendarahan terjadi pada ruang subaraknoid ( ruang sempit antara permukaan otak & lapisan jaringan ).
    Gejala penyakit strok
    Penyakit ini tergantung pada bagian otak yang mengalami penyumbatan dan luasnya area otak yang terkena. Berdasarkan lokasinya di tubuh, gejalanya penyakit stroke terbagi menjadi 3 yaitu sebagai berikut :
    1. Bagian sistem saraf pusat : Kelemahan otot kiri dan kanan atau sebagian ( hemiplegia ), kaku, menurunnya fungsi sensorik. 
    2. Batang otak, dimana terdapat 12 saraf kranial : menurun kemampuan membau, mengecap, mendengar, dan melihat parsial atau keseluruhan, refkleks menurun, ekspresi wajah terganggu, pernafasan dan detak jantung terganggu, lidah lemah.
    3. Cerebral cortex : daya ingat menurun, dan kebingungan.
    Penyempitan & penyumbatan pembuluh darah sering diderita orang usia di atas 40 tahun oleh karena beberapa sebab seperti menurunnya elastisitas pembuluh darah dan atherosklerosis. Untuk mengurangi risiko tersebut maka disarankan agar sejak dini kita berolahraga, menghindari rokok, alkohol dan menghindari kegemukan. Faktor resiko medis : Hipertensi ( penyakit tekanan darah tinggi ), kolesterol, Aterosklerosis ( pengerasan pembuluh darah ), gangguan jantung, penyakit kencing manis ( diabetes ), dan adanya riwayat keluarga. Faktor resiko perilaku, antara lain merokok (aktif & pasif), makanan yang tidak sehat ( junk food, fast food ), alkohol, kurang olah raga, mendengkur, kontrasepsi oral, narkoba, obesitas,... Penyakit stroke yang ringan seringkali dapat kembali sehat seperti sediakala, namun yang berat sering kali meninggalkan sisa gejala yang sulit dikoreksi. Seperti penurunan gerakan lengan, tungkai, bicara. Gejala sisa lainnya bisa berupa penurunan daya ingat dan daya pikir, depresi, sulit menelan dan lain lain. Ada beberapa cara untuk bisa meng hindari stroke, yang sangat berbahaya ini di antaranya:

    1. Stop Merokok.
    2. Rajin berolah raga.
    3. Hindari Stress dan Depresi.
    4. Makanan bergizi.
    5. Hindari Alkohol dan minuman keras.
     Nah setelah tau tentang stroke sebaiknya kita berusaha untuk merubah gaya hidup yang tidak sehat agar kita terhindar dari stroke. walaupun memang penyakit itu datangnya dari Alloh tapi kita juga tetap harus berusaha setelah itu baru bertawakkal. Allohu A'lam, semoga artikelnya bermanfaat.

    2 comments:

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *