• Breaking News

    Loading...

    Friday, March 22, 2013

    Berbagai macam Manfaat Daun dan batang Sirih

    manfaat daun sirih
    Tanaman sirih  banyak sekali manfaatnya bukan hanya daunnya yang biasa untuk mengatasi berbagai macam masalah kewanitaan, batangnya pun bisa digunakan untuk mengatasi anggota tubuh yang terkilir, berikut adalah Berbagai macam manfaat daun dan batang sirih:
    1. Untuk mengobati batuk: dapatkan 5 lembar daun sirih, 11 biji cengkeh, 11 biji kemukus, dan 11biji kapulaga dan kayumanis seukuran jari tangan.  cuci semua bahan tersebut lalu direbus dengan 2 gelas air, tunggu sampai airnya tersisa 1,5 gelas air dan saring airnya lalu diminum 3x sehari.
    2. Daun sirih untuk mengobati keputihan: gunakan rebusan air daun sirih untuk membasuh daerah kewanitaan Anda. setelah itu minumlah rebusan air daun sirih yang dicampur dengan kunyit, sambiloto, kumis kucing jangan lupa saring airnya, diminum secara teratur sampai keputihannya hilang.
    3. Daun sirih untuk menghilangkan bau mulut dan mencegah kerusakan gigi: kunyak daun sirih, cuci dulu tentunya selama 3 menit, atau kalau tidak bisa mengunyahnya Anda bisa menggunakan air rebusan daun siri untuk berkumur 3x sehari setelah selesai makan.
    Manfaat batang sirih untuk mengobati bagian tubuh yang terkilir, caranya:
    • Ambillah batang daun sirih secukupnya lalu ditumbuk sampai halus, lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkilir, lakukan hal ini 3x sehari sampai bengkaknya mengempis.
    Selain manfaatnya yang banyak daun sirih juga ada efek sampingnya seperti berikut:
    • Efek samping Bagi kesehatan, beberapa orang biasa meminum air rebusan daun sirih untuk mencegah penyakit tertentu, hal ini sebenarnya tidak baik karena fungsi daun sirih sebagai antiseptik dan antibiotik yang cukup kuat sehingga tidak baik jika terlalu sering mengkonsumsinya karena dapat mengganggu fungsi pencernaan, seperti yang kita ketahui didalam pencernaan kita ada bakteri baik dan bakteri jahat jadi jika dikonsumsi setiap hari secara terus menerus akan dapat membunuh bakteri baik.
    • Efek samping bagi wanita: air rebusan daun sirih yang biasa di pakai wanita untuk mengobati keputihan atau mengurangi kadar keasaman daerah kewanitaan jika dilakukan terus menerus akan membunuh bakteri baik yang ada dalam daerah kewanitaan dan bisa juga terjadi iritasi, karena zat asam yang ada pada daerah kewanitaan berfungsi sebagai pembunuh kuman yang ada disekitar daerah kewanitaan. jadi gunakanlah manfaat dari daun sirih ini sesuai kebutuhan dan jangan terlalu berlebihan.
    Itulah Berbagai macam manfaat daun dan batang sirih semoga bermanfaat.
    Dari berbagai sumber

    10 comments:

    1. hemm begitu banyaknya manfaat daun sirih ya mbak, trims sharenya....

      ReplyDelete
    2. Sedikit tambahan nih kayaknya daun sirih juga bisa untuk mengobati mimisan :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. ya gan dulu saya masih kecil juga pernah menggunakannya untuk menyumbat hidung yang mimisan... trims dah nambahin..

        Delete
    3. Daun sirih juga berguna utk menghilangkan bau badan...mantap infonya mbak!

      ReplyDelete
    4. wktu kecil2 dulu pernah ikutan makan daun sirih, mengikuti tradisi para tetua.

      ReplyDelete
      Replies
      1. tradisi apaan tu mbak?...kalau yang pernah saya lihat orang2 jaman dulu seperti nenek saya suka makan daun sirih dicampur kapur atau apa itu saya lupa, atau kalau bahasa jawa "nginang", walaupun gigi mereka jadi kuning tapi giginya jadi kuat lho... trims ya kunjungannya

        Delete
    5. kunjungan perdana gan..suskes terus untuk blog dan tutornya..
      eh ditunggu folbacknya ya :)

      ReplyDelete

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *