• Breaking News

    Loading...

    Wednesday, May 1, 2013

    Cara mendidik Anak Bersosialisasi

    cara mendidik anak bersosialisasi
    Alhamdulillah Segala puji Bagi Alloh yang memberikan Nikmat yang sangat banyak kepada kita semua...Kali ini Lovely blog mau share Cara mendidik Anak bersosialisasi sebagai lanjutan Artikel sebelumnya yaitu Cara memberikan stimulasi pada Anak dan Prinsip prinsip stimulasi dini pada anak, sebenarnya ini bacaan buat saya pribadi untuk dibaca berulang ulang kalau sewaktu waktu kesulitan mendidik Si Buah hati ..he3.. Maklum saya juga masih dalam tahap proses belajar menjadi ibu yang baik untuk Si Buah hati..dah lah pendahuluannya kepanjangan ya...
    Cara mendidik anak bersosialisasi dapat dilakukan dengan cara berikut:
    1. Mengajak anak mengenal lingkungan sekitar, bisa dengan mengajaknya jalan jalan dilingkungan sekitar rumah sambil mengenalkan dia pada tumbuhan disekitar kita, atau anak anak sebaya nya, atau menyebutkan nama binatang yang kita jumpai sehingga akan membantunya untuk berlatih beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
    2. Mengajak anak menghadiri undangan Tetangga, Tentunya Jenis undangan yang didalamnya tidak mengandung maksiat, suasana seperti ini akan membuat anak terbiasa dengan keramaian dan membantunya untuk berinteraksi dengan orang lain.
    3. Biasakan anak untuk menyapa orang yang ditemuinya, hendaklah mengajari anak untuk menyapa orang yang ditemuinya dengan ucapan salam. salam merupakan ucapan yang melembutkan hati siapapun yang mendengar ataupun yang mengucapkannya, sebab salam memiliki do'a do'a yang luhur untuk sesama muslim yang saling bertemu, tidak pandang bulu baik anak anak maupun dewasa, kebiasaan ini akan menumbuhkan kepekaan sosial dan persaudaraan dan merupakan yang diajarkan Rhosululloh Shollallohu alaihi wassallam.
    4. Melatih anak melaksanakan tugas rumah yang ringan, seperti menyapu lantai, membuang sampah pada tempatnya, membereskan tempat tidur dan yang lainnya. hal ini akan membantu anak agar muncul rasa tanggung jawab atas tugas tugasnya dan kepedulian sosialnya.
    Mungkin masih banyak Cara mendidik anak bersosialisasi lainya, tapi untuk artikel ini sampai disini dulu dan mungkin juga sobat sobat semua ada yang lebih berpengalaman dalam hal ini silahkan dishare kalau berkenan lewat komentar. semoga bermanfaat...

    2 comments:

    1. Anak harus diajari bersosialisasi sejak dini, supaya mereka nanti saat terjun dimasyarakat tidak canggung, minder, dan mempunyai jiwa sosial yang tinggi. Terima kasih atas sharenya. Salam.

      ReplyDelete

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *