• Breaking News

    Loading...

    Tuesday, April 16, 2013

    Proses penularan Penyakit Demam Berdarah dan cara pencegahannya

    proses penularan penyakit demam berdarah dan cara pencegahannya
    Jika musih hujan tiba genangan air banyak dimana mana sehingga lingkungan akan menjadi lembab, kondisi seperti ini saangat disukai oleh nyamuk untuk berkembang biak dengan cepat, bukan hanya itu bakteri, jamur, virus, lalat dan lain lain juga sangat senang dengan kondisi cuaca yang seperti ini. kali ini lovely blog bukan mau membahas tentang nyamuk secara detail tapi sekedar berbagi informasi tentang proses penularan penyakit demam berdarah dan cara pencegahannya agar kita bisa menghindari serangan nyamuk penyebab penyakit demam berdarah ini.

    Ketika nyamuk betina menggigit atau menghisap darah orang yang mengalami infeksi dengue, virus akan masuk kedalam tubuh nyamuk, diperlukan waktu 9 hari oleh virus dengue untuk hidup dan membiak didalam air liur nyamuk, apabila nyamuk yang terjangkit menggigit manusia ia akan memasukkan virus dengue yang berada didalam air liurnya kedalam sistem peredaran darah manusia , setelah 4-6 hari penderita akan mulai mendapat demam tinggi.

    Penularan juga dapat terjadi apabiala nyamuk aedes betina sedang menghisap darah orang yang terkena infeksi virus dengue diganggu, dan nyamuk itu akan segera menggigit orang lain pula hal itu akan menyebabkan virus yang berada dibelalai nyamuk akan masuk kedalam peredaran darah orang kedua tanpa proses penularan kemudian sakit, seekor nyamuk yang sakit akan membawa virus tersebut sampai berakhir kehidupannya.

    Sedangkan Cara pencegahannya sebagai berikut:
    1. Memutus siklus nyamuk dengan gerakan 3M. yaitu menguras bak mandi  atau tempat penampungan air, menutup tempat tempat yang mungkin bisa menjadi wadah perkembangbiakan nyamuk, dan mengubur barang barang bekas yang bisa menampung air.
    2. Dengan membrantas larva menggunakan barang kimia yang ada dipasaran seperti Abate
    3. Secara hayati dengan menggunakan agen biologis seperti predator, atau dengan tanaman seperti zodia, geranium, Lavender dan serai wangi yang wanginya bisa mengusir nyamuk.
    4. menjaga kebersihan lingkungan dengan baik, termasuk gantungan pakaian.
    5. menghindari tidur siang dan malam tanpa kelambu atau anti nyamuk.
    Demikian Proses penularan Penyakit Demam Berdarah dan Cara pencegahannya semoga bermanfaat.. ( Sumber: Al Mawaddah oleh drh. Sarmin,M.P. dan dr. Fitri Rachmayanti )

    6 comments:

    1. pada musim2 sekarang ini emang lagi banyak nyamuk, bisa bahaya jika sampai tergigit nyamuk demam berdarah-darah :D.
      Share yang berguna mbak ummu. :p

      ReplyDelete
    2. Ingat db, ingat dua tahun yll ketika si kecil terkena db, alhamdulillah smua cara tu dah sy tempuh

      ReplyDelete
    3. ehm, Demam Berdarah itu salah satu gejalanya kan bintik-bintik merah kan gan? lalu gejala lainnya yang benar-benar merupakan gejala demam berdarah apa gan? ini saya mengalami bintik-bintik merah gan.
      mohon pencerahannya, terima kasih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. biasanya gejala awalnya itu demam tinggi mendadak sekitar 39-40 derajat celcius,berlangsung 5-7 hari, demam sering berakhir mendadak dan keluar keringat dingin yang banyak dan tubuhnya lemas, nyeri diseluruh tubuh, timbul ruam saat awal panas dan pendarahan yang tampak dari luar ataupun dari dalam. itu gejala secara umum. atau untuk lebih jelasnya anda bisa konsultasi ke dokter...atau ada juga penjelasan lebih rinci di situs gejalademamberdarah.com

        Delete

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *