• Breaking News

    Loading...

    Saturday, May 11, 2013

    Cemilan Lezat "Sarikaya"


    cemilan lezat "sarikaya"
    Sudah beberapa hari ga posting dah rindu pengen nulis lagi...penat banget menghadapi lika liku kehidupan didunia nyata..mlipir dulu sejenak kedunia maya untuk berbagi resep Cemilan Lezat "sarikaya"..
    Semenjak dikalimantan banyak sekali makanan lezat yang pernah saya rasakan, aneka sayur, cemilan, kue dan banyak lagi yang lain. ternyata orang kalimantan itu sangat kreatif dalam mengolah masakan sampai buah juga kadang bisa diolah menjadi santapan yang lezat yang bisa dijadikan temen makan nasi.  apalagi saat bulan puasa tiba.. wah banyak sekali aneka masakan dan cemilan yang berjejer disepanjang jalan pasar Rhamadan, salah satunya adalah sarikaya, awalnya saya bingung kue sarikaya ini namanya mirip dengan buah Sirkaya/Sirsak, saya pikir buah itu yang jadi bahan dasarnya ternyata lain. kue ini sangat lezat dan beraneka ragam rasanya tergantung bahan dasar yang dibuatnya. 
    Dibawah ini ada beberapa resep sarikaya sesuai bahan dasarnya:

    Sarikaya berbahan dasar ubi

    bahan:
    • 6 butir Ubi rebus
    • 5 butir telur
    • Santan kental secukupnya
    • 100 gram gula pasir atau sesuai selera
    • 1/2 sendok teh garam
    caranya: lumatkan ubi yang sudah direbus bisa juga diblender sedikit demi sedikit setelah itu campurkan telur, garam halus dan gula atau pakai gula halus akan lebih cepat. setelah semuanya rata campurkan santan aduk sampai menjadi adonan yang kental tapi jangan terlalu cair juga, setela itu tuangkan kecetakan tahan panas lalu dikukus selama 25 menit atau dikira kira lagi kalau sudah matang angkat, hidangkan setelah dingin bisa juga disimpan di kulkas.

    Sarikaya Pandan

    Bahan:
    •  12 butir telur
    • 250 gram gula pasir
    • 1 ml santan dari 1 butir kelapa
    • 1 lembar daun pandan
    • sepucuk sdt garam
    Caranya:  campurkan telur, gula, garam hingga larut ditambah esen pandan lalu disaring, lalu simpan potongan daun pandan dengan bentuk cantik dibawah cetakan lalu tuang adonan, setelah itu dikukus sampai 25 menit. angkat dan sajikan setelah dingin.
    Bisa juga dengan tepung maizena
    Bahan:
    • 6 buah telur
    • 100 gram gula pasir
    • 100 ml santan kental
    • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
    • 1/4 sdt garam
    • 1sdt tepung maizena
    Caranya: kocok telur dan gula hingga mengental setela itu campurkan santan, kayu manis, garam dan maizena aduk hingga rata, lalu tuang kecetakan dan kukus sampai 25 menit, hidangkan setelah dingin.

    Mungkin masih banyak jenis sarikaya dengan aneka kreasi lainnya tapi hanya ini yang bisa saya share semoga bermanfaat.

    26 comments:

    1. marii di santaapp mbaaa :) kirim2 mbaa klau mba ada makanan nya , hehehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. silahkan disantap kuenya...tapi minumannya bawa sendiri..ntar tak kasih bingkisan deh buat dibawa pulang...

        Delete
    2. Hmmm, memang enak banget kue ini mba, saya sering makan kalo ada hajatan, biasanya ada kue ini hehe..

      ReplyDelete
      Replies
      1. ntar sebentar lagi kalo ada hajatan nikahannya blogger deh, pasti ada

        Delete
      2. sobat Muroi El-Barezy@... ya sob saya kalau sudah terlanjur makan kue ini rasanya seperti ketagihan ga kepengen berhenti makan kalau belum habis..he3
        sobat Zachflazz@..suit suit siapa nih yg mo nikah...

        Delete
      3. ya mba soalnya kue ini uuenak banget sih..lagi...lagi dan lagiiii..hehe..

        Delete
    3. saya jadi pengin makan nih. tuh kan, saya jadi kerocongan. gara2 Mbak nih. huhh. jadi laper. makan ahh

      ReplyDelete
      Replies
      1. kacian..terlalu giat bekerja sampe lupa makan ya...tadi ga lupa bawa bekel kan...? ya udah makan aja..he3

        Delete
      2. Bukan keroncongan mas, dangdutan kali hehe..

        Delete
    4. wah kapan2 saya cobain deh, sepertinya lezat ni mbak :D
      cicipi dikit dong mbak..hihii

      ReplyDelete
      Replies
      1. silahkan dicoba sob..cara buatnya mudah ko...

        Delete
      2. mas Fian maunya jadi juru cicip Mbak, sama kayak saya. bukan jadi juru masaknya

        Delete
      3. Urusan nyicip saya juga bisa, siap...kueh mana kuehnya

        Delete
      4. nihh, tapi datang kesini. sekarang

        Delete
      5. nah kebetulan tu dah ada yg nyediain..yo kita serbu ketempat mas Zach..

        Delete
    5. resepnya mantap nih.. apa lagi bahanya dari ubi. mantap deh poko'nya..

      *mana dagang ubinya ko' nggak nongol..xixixi #modus

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kstiawan@ bukan hanya ubi sob...kentang juga bisa pokoknya mantap deh...
        Agus Setya@: ya ga sob beda cara buatnya.. rasanya juga lebih enak ini dari klepon...

        Delete
    6. srikaya kalau dituban namanya delima, bisa jg dibuat kue padahal kalau panen di tuban melimpah lho mbak, bahkan dibuang2 lha dijual aja gak laku

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau buah srikaya saya juga kurang tau sob yg saya tau itu buah sirsak...tapi kue sari kaya ini bukan berasal dari buah srikaya sob cuma namanya aja Sari kaya

        Delete
    7. ditempatku kebanyakan srikaya langsung dimakan mbak, bisa dicoba ni resepnya

      ReplyDelete
    8. assalamu' alaikum ..salam kenal sob...baca nama blognya bikin adem...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wa alaikum salam warohmatulloh...Adem kaya es ya sob...

        Delete

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *