Waspada! spons pencuci piring Penyebab kelumpuhan

Posted By Tatik Uc on Wednesday, November 28, 2012 | 3:52 PM


Dalam kehidupan sehari hari tentu kita kenal yang namanya spons pencuci piring, kita selalu
menggunakannya untuk membersihkan  perangkat dapur, namun bagaimana jika alat pembersih malah menjadi penyebab timbulnya kuman....?  Anda mungkin tidak mengira bahwa spons yang sering anda gunakan untuk mencuci piring ternyata menyimpan banyak bakteri. Menurut penelitian spons dapur untuk cuci piring ternyata menjadi salah satu benda paling kotor di rumah dan bahkan 200.000 kali lebih kotor dari toilet duduk. Selain itu, kain lap dan papan memotong alias talenan juga dipenuhi bakteri. Para ahli menemukan bahwa spons, kain lap, dan talenan yang ada bakterinya dapat menyebabkan kelumpuhan.

Sebuah studi baru di University of Arozone, Amerika Serikat, menemukan sekira 10 juta bakteri  dalam setiap inci persegi spons dapur dan sejuta bakteri per inci persegi kain lap. Profesor Hugh Pennington, salah satu ahli mikrobiologi terkemuka di Inggris mengatakan, jika bakteri campylobacter, bakteri yang dapat menyebabkan kelumpuhan sering ditemukan pada spons dapur.

“Bakteri ini berasal dari unggas dan dapat menyebabkan sesuatu yang disebut sindrom Guillain-Barre. Sindrom ini tidak mempengaruhi pikiran atau apa yang Anda rasakan, tetapi dapat menyebar ke saraf perifer di sekitar otak. Orang-orang dapat lumpuh,” katanya.

Sindroma Guillain Barre adalah penyakit yang menyerang radiks saraf yang bersifat akut dan yang menyebabkan kelumpuhan yang gejalanya dimulai dari tungkai bagian bawah dan meluas keatas sampai tubuh dan  otot-otot wajah. Penyakit ini dapat mengancam jiwa yaitu berupa kelemahan yang dimulai dari anggota gerak distal yang dengan cepat dapat merambat ke proximal. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan demielinisasi pada akar saraf tepi. Dalam kebanyakan kasus, orang yang terkena sindrom ini bisa sembuh. Namun, pemulihannya dapat berlangsung selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bertahun-tahun.

Agar terhindar dari kuman kuman tersebut sebaiknya Anda melakukan antisipasi dengan cara membunuh kuman kuman tersebut dan membersihkannya dengan cara sebagai berikut:
 
  • Dewan Kebersihan di Inggris menyarankan agar semua kain, spons, dan handuk harus dicuci menggunakan air bersuhu di atas 60°C untuk membunuh kuman. Atau lakukan desinfeksi secara teratur.
  • Beberapa ahli menyarankan agar memanaskan kain lap dan spons di microwave untuk membunuh kuman secara langsung. Cobalah rendam dengan air dan taruhlah ke dalam microwave dengan panas tinggi selama dua menit. Cara ini akan membunuh 99 persen bakteri.
  • Anda juga bisa menggunakan tisu antibakteri sekali pakai untuk mencegah penyebaran bakteri. Bersihkan dan disinfeksi permukaan dapur dan papan pemotong dengan semprotan dan tisu antibakteri.
  •  Jangan menyentuh barang-barang di dapur dengan tangan kotor selama menyiapkan makanan karena tangan adalah sarana penularan kuman paling utama.
  • Cuci tangan sebelum dan sesudah memasak menggunakan air dan sabun untuk membantu mencegah penyakit yang dibawa oleh makanan di rumah.
  • Bersihkan semua permukaan yang secara teratur disentuh oleh tangan, seperti gagang pintu, keran, saklar lampu, dan penutup tempat sampah dapat membantu mengurangi penyebaran kuman di sekitar rumah.
Sungguh mengerikan ya.. ternyata banyak kuman di mana mana, sedangkan kita sering lalai dalam menjaga kebersihan, kesehatan itu mahal harganya untuk itu kita harus menjaga kesehatan dengan kebersihan lingkungan kita. itulah sedikit info kali ini semoga bermanfaat. terimakasih sudah berkunjung. 

Blog, Updated at: 3:52 PM

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

Blog Archive