• Breaking News

    Loading...

    Friday, November 30, 2012

    Makanan yang dapat mempercantik dan menyehatkan kulit

    makanan yang dapat mempercantik dan menyehatkan kulit
    Merawat kulit memang gampang gampang susah, karena kondisi kesehatan kulit juga di pengaruhi
    oleh jenis makanan yang kita konsumsi. sedangkan selera makan atau kebiasaan makanan yang di konsumsi setiap orang berbeda beda, ada yang suka vegetarian ada yang tidak suka sayur. jadi bagi yang tidak suka sayur mayur harus sedikit usaha untuk mengubah pola makan jika menginginkan kulit yang sehat dan indah.

    Menurut Dr Nicholas Perricone, seorang pakar dermatologi dari Yale University School of Medicine, peremajaan kulit bisa dilakukan dengan program 3 hari penuh mengonsumsi ikan, buah, sayuran dan olive oil. Menurut Perricone, banyak masalah kulit, seperti jerawat, bisa diatasi melalui modifikasi diet. 
    Untuk mendapatkan kulit yang lebih cantik dan sehat, berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi sehari hari:

    1. Sayuran hijau untuk melawan jerawat.
     
     Sayuran hijau seperti bayam, kaya akan antioksidan. Selain itu, sayuran hijau juga sumber makanan yang kaya zat besi. Perempuan yang kekurangan besi cenderung lebih mudah mengalami munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Sayuarn hijau juga mengandung seng. Dalam sebuah studi dari Swedia ditemukan, pasien-pasien yang cenderung berjerawat mengalami pengurangan jerawat sebanyak 85% setelah 3 bulan menambahkan suplemen seng ke dalam diet mereka. Seng juga membantu memecahkan kolagen yang rusak, sehingga memungkinkan pembentukan kolagen yang baru.

    2. Air untuk menjaga kelembaban kulit.
     
    Dehidrasi akan membuat kulit terlihat pucat dan kusam. Dan air merupakan solusi terbaik dalam mengatasi masalah kulit yang satu ini. Kulit yang kecukupan air akan terlihat lembab dan montok. Dengan begitu, kerutan-kerutan akan tersamarkan. Untuk melihat hasilnya, pastikan Anda minum 9 gelas air ukuran 200 mililiter setiap hari. Tentunya perlu ditambah jika Anda berolahraga.

    3. Minyak sayur atasi kulit kering.
     
    Asupan lemak yang cukup merupakan salah satu kunci kulit yang lembut dan lentur. Pakar dermatologi menyatakan, kulit kering merupakan indikasi kurangnya asupan lemak yang baik, seperti lemak yang terdapat dalam sesame oil, kacang dan olive oil. Satu sendok saja sehari, menurut peneliti, akan sangat berpengaruh terhadap kulit kering. Selain itu, menurut pakar dermatologi, asam lemak esensial dalam minyak sayuran akan mengatasi pori yang tersumbat dengan cara mengencerkan minyak yang dikeluarkan dari pori-pori.


    4. Tomat matang untuk menjaga kelenturan kulit.
     
     Tomat kaya akan antioksidan vitamin A dan C serta komponen anti-kanker. Vitamin C membantu menjaga kulit tetap elastis dan mencegah kerutan. Vitamin A membantu menyembuhkan jerawat baik dari dalam maupun dari luar dengan meningkatkan daya tahan terhadap infeksi.
     
    5. Berries untuk melawan kerutan. 
     Berries merupakan makanan yang kaya polyphenols, antioksidan yang berdasarkan studi dinyatakan bisa memperlambat proses penuaan. Buah lezat ini juga bisa melindungi ingatan jangka pendek dan keseimbangan. Studi-studi menunjukkan, berries mengandung antioksidan 3 kali lebih banyak dibandingkan setumpuk jeruk.

    6. Ikan sarden untuk meredakan peradangan.
     
     Ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang berfungsi melawan peradangan. Asam lemak esensial ini berfungsi melawan radikal bebas yang merusak kolagen serta membantu menyamarkan kerutan-kerutan di wajah. Selain itu, ikan ini juga mengandung seng yang berfungi menghambat munculnya jerawat. Untuk mendapatkan hasil yang masimal, pakar dermatologi menyarankan Anda untuk mengonsumsi ikan sarden 3 kali seminggu.

    7. Melon untuk mengatasi muka kusam.
     
    Buah berwarna terang ini kaya akan komponen menyerupai karoten seperti lycopene, yang berfungsi mengurangi kerusakan kolagen yang memicu munculnya kerutan.

    8. Kedelai mengatasi jerawat.
     
     Baik dalam bentuk alami maupun hasil produk seperti tahu, makanan satu ini sangat baik untuk kulit. Kedelai kaya akan zat kimia seperti estrogen yang bisa mencegah munculnya jerawat. Selain itu, kedelai juga kaya vitamin E yang mempromosikan pertumbuhan sel-sel baru dan menjaga kelembaban kulit.

    9. Wortel untuk menghambat kerutan.
     
    Wortel kaya beta-karoten yang akan diubah menjadi vitamin A, kunci untuk mencegah kulit kering dan kusam.

    10. Oatmeal untuk mengeluarkan racun-racun.
     
    Serat yang terkandung dalam oatmeal akan membantu menyaring racun-racun sehingga menghasilkan kulit yang cerah bercahaya.

    11.  Bayam dan asparagus
    Kandungan copper dalam sayuran ini cukup bermanfaat bagi kulit. Mineral ini berperan penting dalam memperbaiki kerusakan kulit yang diakibatkan radikal bebas. Copper juga dapat memicu produksi kolagen dalam kulit sehingga kulit akan tampak lebih kencang.

    12.  Buah kiwi, brokoli, dan parsley
    Bahan-bahan ini kaya akan kandungan vitamin C-nya. Vitamin C adalah antioksidan yang ampuh untuk melindungi kesehatan. Antioksidan akan menekan hormon kortisol yang bereaksi terhadap stres dan juga memberi perlindungan dari radikal bebas.

    13. Goji beri, blackcurrants, dan anggur merah
    Buah-buahan ini mengandung polifenol. Polifenol adalah antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan juga kulit. Goji beri sendiri adalah buah yang dapat membantu memperbaiki kulit dan juga mengandung anti aging.
    Itulah beberapa makanan yang dapat mempercantik dan menyehatkan kulit, agar mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya mengkonsumsinya secara teratur. terimakasih sudah berkunjung semoga artikel ini bermanfaat.
    Allohu A'lam

    2 comments:

    1. itu sepertinya benar benar makanan yg tinggi akan vitaminnya, maaf kenapa Buah Pepaya tidak masuk dalam list di atas.

      ReplyDelete
      Replies
      1. sebenarnya masih banyak.. tapi kalau disebutkan semua ya kepanjangan dan bisa tidak terhitung soalnya kan jenis buah, sayur dan makanan lain banyak dimuka bumi ini ga mungkin disebutkan satu persatu jadi disebutkan secara garis besarnya aja, tapi kalau ada yang mau nambahin silahkan ditulis di komentar ini untuk menambah wawasan tentang kesehatan kulit...
        Terimakasih atas kunjungannya gan..

        Delete

    Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

    Contact Us

    Name

    Email *

    Message *