Ads 468x60px

Friday, March 29, 2013

Inilah tanaman serba guna dari akar sampai kedaunnya

بِسْــــــــــــــــمِ ﷲِ
inilah tanaman serba guna dari akar sampai kedaun
Tanaman ini tentu sudah tak asing  lagi bagi kita, tanaman yang sangat mudah tumbuh walaupun sekedar dilempar saja batangnya tapi tentunya hasilnya lebih bagus yang ditanam...he3..sebenarnya ada juga tanaman lain yang serbaguna dari akar sampai kedaunnya tapi kali ini Lovely blog ingin membahas satu jenis tanaman saja dan ini sebenarnya dah kepingin dibahas sejak lama karena buahnya bisa dijadikan makanan vaforit keluarga kami... Ok langsung aja kita menuju ketopik. 

tanaman serbaguna dari akar sampai kedaun
Inilah tanaman serba guna dari akar sampai kedaunnya, Tanaman ini termasuk spesies Manihot utilissima Pohl  atau biasa kita sebut Singkong atau ketela pohon.. Singkong sangat banyak tumbuh di Indonesia bahkan disebuah daerah diIndonesia singkong dijadikan makanan pokok. Singkong ini bisa diolah menjadi makanan yang beraneka rasa seperti kripik singkong, tape, getuk, klepon, bisa juga dibuat sebagai pengganti nasi atau biasanya disebut Tiwul atau oyek, dan masih banyak lagi kreasi singkong lainnya. adapun daunnya bisa diolah menjadi beraneka macam sayur, sedangkan batangnya bisa diambil lagi untuk ditanam. komplit kan dari akar, batang, dan daun semua bisa dimanfaatkan.

Umbi singkong memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daun mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sedangkan kulit batang, mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat. Singkong juga bisa untuk Diet lho...kenapa begitu? Ini karena singkong merupakan bahan makanan yang mengandung karbohidrat yang  rendah dibandingkan dengan nasi dan roti,  kandungan serat yang tinggi itulah yang membuat perut tetap terasa kenyang dalam jangka waktu yang lama. 

Menurut ahli tanaman obat, Prof Hembing Wijayakusuma, efek farmakologis dari umbi singkong ialah sebagai , antikanker, antitumor, antioksidan dan dapat menambah nafsu makan. Bagian yang biasa digunakan pada tanaman ini ialah  umbi dan daunnya . selain itu umbi Singkong juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa macam penyakit seperti rematik, sakit kepala, demam, diare, dan dapat menambah stamina, oh iya umbi singkong juga bisa digunakan sebagai makanan pencegah penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Adapun cara pengolahannya untuk mencegah penyakit jantung dan lainnya sebaiknya di rebus atau dikukus. sebenarnya masih banyak lagi tentang manfaat dari singkong dan daunnya, tapi berhubung waktu yang sedikit untuk bisa menulis jadi ya hanya ini dulu yang bisa Lovely blog bagikan kepada Anda semoga bermanfaat...

Ditulis Oleh : Ummu Ruqayah ~ Lovely

Lovely Anda sedang membaca artikel tentang Inilah tanaman serba guna dari akar sampai kedaunnya. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Atas perhatian nya ©Lovely Blog ucapkan Terima Kasih, semoga artikel Inilah tanaman serba guna dari akar sampai kedaunnya ini bermanfaat:

6 comments:

  1. Hal ini hampir sama seperti Pohon Kelapa juga mbak...dimana tumbuhan ini serba guna dari batang sampai daun dan juga buah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob tapi kalau kelapa saya belum tau manfaat dari akarnya... terimakasih atas kunjungannya ya...

      Delete
  2. Singkong memang mempunyai sejuta fungsi....jadi rindu makan singkong ketika di kampung!

    ReplyDelete
    Replies
    1. singkong memang ngangenin ya sob...thanks ya kunjungannya..

      Delete
  3. kayaknya banyak deh selain singkong :P, seperti pohon kelapa, pisang, dll :D
    share yang berguna sekali mbak ummu..
    BTW blognya rame nih gak ingin ganti domain TLD ya mbak ummu, hehe. kan keren tuh lovelyblog.com :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. he3...pengen juga sih tapi nanti aja sob so'alnya lum ada penghasilan takutnya g bisa bayar he3...

      Delete

Tinggalkan jejak Anda dengan berkomentar yang baik untuk perkembangan blog ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat....
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih